Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah

hujanbulanjuni.net – Rumah telah menjadi sebuah kebutuhan setiap orang. Lantas, apakah bisa masyarakat yang gaji perbulannya hanya 2 juta bisa bisa kredit rumah?

Gaji 2 Juta Ingin Punya RumahGaji 2 juta ingin punya rumah. Ini lah keyword yang banyak orang cari dalam kolom pencarian google. Setelah penulis mencari kesana kemari mengenai hal ini, dengan tujuan agar artikel ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan bagi yang ingin membeli rumah meski dengan gaji yang pas pasan.

Banyak artikel yang membahas soal ini, namun kebanyakan artikelnya tidak cocok dengan penulis, terlalu bertele-tele. Padahal pertanyaanya simple:

Gaji 2 juta ingin punya rumah, bisakah ini diwujudkan dengan cepat?

Kapan hal itu bisa di wujudkan?

Bagaimana caranya?

Langsung kita kupas mulai dari awal. Mungkin sudah banyak yang tahu dan mungkin juga banyak yang belum tahu bahwa beberapa bulan ini PT. Bank Tabungan Negara, Tbk. telah resmi mengeluarkan sebuah produk KPR BTN Mikro, (KPR: Kredit Pemilikan Rumah).

Bapak Maryono selaku Direktur Utama  pada Bank  Tabungan Negara (BTN) mengungkapkan, dengan adanya produk KPR Mikro dari Bank Tabungan Negara (BTN) ini secara tidaklangsung akan membuka peluang besar bagi masyarakat untuk memiliki rumah. KPR BTN Mikro memang sengaja diperuntukkan bagi masyarakat yang memang masih memiliki penghasilan kecil. Dengan adanya jenis kredit ini mereka yang gajinya Rp. 1.8 juta sampai Rp. 3 juta Perbulannya bisa memakai produk ini. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi.

Source: www.btn.co.id

Cukup menarik bukan? Mari kita lanjutkan pembahasannya…

Cicilan ringan dari produk KPR BTN Mikro

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua kalangan ingin memiliki rumah, tidak hanya orang yang berduit saja. Gaji 2 juta ingin punya rumah adalah kalimat yang banyak orang yg ingin tunggu jawabanya. Setuju?

Tapi akan sangat sulit bagi masyarakat yang penghasilannya kecil, perlu adanya akses pembiayaan rumah dengan cicilan yang ringan dan mudah. Sayangnya KPR rumah subsidi yang di canangkan oleh pemerintah tidak semua bisa mendapatkan meskipun masyarakat dengan penghasilannya kecil, baik dalam Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, Uang Muka, maupun Subsidi Selisih Bunga.

KPR BTN Mikro ini adalah salah satu dari program pendanaan sejuta rumah yang sudah dicanangkan oleh pihak Pemerintah. Dan jenis Produk ini memang murni inisiatif sendiri dari pihak Bank Tabungan Negara (BTN). tutur bpk. Maryono

Pihak Bank Tabungan Negara memberi promo bunga sebesar 7,99% setiap tahun. Promo ini diberikan pada saat launcing produk ini. Dengan adanya produk ini semoga bisa meringankan kesulitan bagi banyak masyarakat.

Selain itu Proses angsuran yang ringan dan mudah dapat dilaksanakan secara mingguan maupun harian. Sehingga masyarakat dapat menyesuaikan dan memilih sesuai kemampuan mereka.

 

Bank Tabungan Negara (BTN) selain memberikan kemudahan-kemudahan seperti yang penulis kemukakan di atas, BTN juga memastikan besaran uang muka yang tergolong ringan. BTN Menetapkan uang muka 1% untuk pembelian rumah pertama. Dan 10% bagi yang renovasi rumah. Ungkap Bpk. Maryono

Selain renovasi rumah Jenis Produk ini dapat digunakan untuk membeli rumah yang sudah bekas, atau pembangunan hunian di lahan tanah yang telah dimiliki.

Jumlah uang muka yang sudah disebutkan tadi akan dipakai untuk mencairkan dana KPR  dengan plafon maksimal Rp 75 juta.

Dan yang anda perlu tahu lagi, akan ada pengajuan asuransi properti saat anda memakai produk kredit ini. Pembiayaan ini pun dikasih secara bergulir atau berulang. Jangka waktunya pun cukup lama yaitu 10 tahun. Kalimat “gaji 2 juta ingin punya rumah” kini semakin terlihat jawabannya. Bagaimana menurut kalian, cukup menarik bukan?

Pedagang dan pekerja informal lebih di prioritaskan dalam kredit ini

Sebesar Rp. 150 Milyar dana yang di keluarkan oleh pihak Bank Tabungan Negara untuk penyaluran dananya. Langkah awal bank BTN menyasar para pedagang, nelayan, petani, pengrajin dan pekerja informal. Saat ini yang memiliki penilaian baik dari BPK. Maryono adalah  mereka yang sudah bergabung dalam asosiasi pedagang dalam binaan Kementrian Koperasi dan UKM.

Namun ada hal lain yang wajib di ketahui, bahwa  Bank Tabungan Negara (BTN) telah memberikan persyaratan. Usaha yang mereka jalankan minimal sudah 1 tahun berjalan dan  menerima anjuran dari asosiasi yang menaunginya.

Dari pihak penulis sendiri berharap dengan adanya program KPR BTN Mikro pernyataan mengenai “gaji 2 juta ingin punya rumah” bisa terjawab. Dan semoga dengan adanya produk ini bisa membuat masyarakat semakin giat lagi dalam menabung. Menghilangkan kekhawatiran masyarakat dalam membeli rumah yang sebelumya dirasa mustahil adalah langkah awal yang cukup bagus bagi penulis pribadi.

Baca Juga: Membangun Rumah Sederhana Dengan Biaya Murah

Jika ada pertanyaan lebih lanjut terkait ini penulis sarankan untuk langsung ke pihak bank-nya ya, mengingat penulis bukan bagian dari mereka. Artikel ini dibuat murni karena ingin membantu teman-teman menemukan beberapa solusi yang kiranya bisa menjadi pertimbangan.

41 comments on “Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah

    • Plus minus sebenarnya memang bang, bisa di katakan ada harga ada kualitas.

      Sepengetahuan saya Di KPR Subsidi itu mendapatkan rumah dengan unit ruangan kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu.

      Klo membangun sebuah dapur harus mengeluarkan dana ekstra. Atap dan teras rumah KPR Subsidi pun biasanya hanya apa adanya, klo tidak ingin air hujan menyembur ke tembok dan jendela rumah, kita harus mengeluarkan dana ekstra lagi untuk menambah kanopi.

      Postingan selanjutnya coba saya bahas mengenai rumah subsidi deh.. kayaknya seru..^^

      Reply
  • saya baru tahu kalau ada program seperti itu mas, tpi biasanya hasil tim survei-nya akan menentukan apakah bisa apakah layak diberi kredit apa tidak.

    bayang2 ditolak, oleh pihak surveyer terkadang menghantui pikiran saya mas. 🙂

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      saya dukung klo memang ada tim surveyx kang nata. dan memang harus ada. agar program2 seperti ini bisa tepat sasaran.. hanya untuk mereka yg sesuai kriteria yg bisa menerima produk ini.

      Reply
    • Nabung dulu, gaji harus disisihkan minimal 10%-20%.
      memang berat di awal. tapi setelah pelunasan DP biasanya tinggal enaknya.. trus rumah hunian juga sudah bisa di singgahi.
      klo g buru2 di singgahi bisa disewakan.. nah loh.. lumayan kan hasilnya buat bayar cicilan bulanan..

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      klo udah pengen punya rumah dan secara finansial sudah mampu untuk kreditnya klo saya sih mending ambil bang.. bukan hanya rumah, tapi apapun itu yg sifatnya investasi.
      soalx saya termasuk orang yg konsumtif, klo penghsasilan bulanan tidak di alokasikan ke hal2 semacam ini duit bakal abis dijalan.. 😀

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      yang penting duitnya di sisihkan dan ditabung bang. diluar investasi, rumah merupakan produk kebutuhan. klo mas rahman udah punya rumah dan sudah nyaman duitnya bisa di investasikan ke yg lain.

      yg jelas dr saya pribadi investasi jangka panjang adalah cara menabung yg kece di era ini. apapun jenis investasinya.

      Reply
  • Saya sudah lama ingin beli rumah, tapi sampai sekarang belum kesampaian juga. Dan gaji saya memang masih berkisar dua jutaan. Dan harus lebih giat lagi menabung nih.Ada rencana ingin buka rekening bank BTN.

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      mas jangkar masih muda, tapi semangatx luar biasa.
      bisa di lihat dari blogx mas jangkar yg isinya usaha kreatif semua.
      semangat mas.. kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas..
      saya jadi belajar banyak sama mas jangkar.

      Reply
  • saya dlu buat rumah waktu masih gaji di bawah satujuta malahan mas hihihi. tpi Alhamdulillah ngumpulin dikit2 akhirnya bisa juga buat rumah semi permanen… sekarang mah enak yah ada kredit KPR BTN segala dan sdh banyak perumahan2 yg bisa di kredit dgn DP yg terjangkau, langsung dapat rumah permanen hehehe

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      njenengan ancen ngeten mas eka… mantapp.. rezeki ada aja jalannya… dg niat membangun rumah agar keluarga kita nyaman dan bisa istirahat dengan layak insyaalah bakal dimudahkan jalannya.

      Reply
  • Ternyata gaji 2 jutaan bisa beli rumah dengan progam KPR BTN mikro. Jadi semangat buat nabung, nih. Semoga tahun depan kesampaian beli rumah sendiri 🙂

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      amiinn… semoga secepatnya bisa terealisasi ya untuk bisa beli rumah. tidak tahun depan, tapi semoga bisa beli rumahnya di tahun ini.

      Reply
  • bisa kali ya kalau kita kreadit yang disubsidi dengan gaji 2 jutaan sebulan. kemarin sempat nanya rumah kredit di dibeberapa tempat pontianak, asli ludes mas… jualan rumah kayak kacang goreng di pontianak mah

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      wkwkwk… klo urusan subsidi mah cepet banged bang.. 😀
      bisa g kebagian klo datangx kesiangan.. 😀

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      harus dan wajib bang adi klo urusan nabung..
      saran saya nabungx dalam bentuk investasi, biar duitx berkembang cepat.

      Reply
  • Suami saya kebetulan memiliki profesi informal sebagai petani dan saya tau betul bahwa suami saya tidak pasti gajinya per bulan. Bisa kurang dari 2 juta setiap bulan, bahkan bisa lebih kalau panen sedang bagus. pasti sektor informal selain bertani dan berkebun seperti berdagang juga demikian. Pihak bank mau ya memberikan KPR mengetahui fakta tersebut?

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Hai mbk intan,
      KPR Mikro memang sasaranya menyasar para pedagang, nelayan, petani, pengrajin dan pekerja informal lain. Agar bisa ACC, tinggal meyakinkan ke pihak bank bahwa pembayaran angsuran bulanannya tidak sampe telat.

      Reply
      • Alhamdulillah.. terima kasih sobat 🙂

        Oiya, btw saya ingin invite balik komentar disqusnya tidak bisa sobat.. disqus milik sobat dlm pengaturan privat

      • hujanbulanjuni.net says:

        oh iya bang fajrin. lupa activity private-nya q centang.
        Sudah q benerin bang.. thanks infonya.

    • hujanbulanjuni.net says:

      120 bulan, Dalam program ini, BTN memberikan pembiayaan KPR maksimal Rp 75 juta. Maksimal cicilan selama 10 tahun dengan bunga sekira 6-7%.

      Jadi menurut asumsi saya yang diambil dari situs BTN, jika maksimal waktu cicilan selama 120 bulan maka total cician perbulan tanpa bunga sebesar Rp 625.000. Jika asumsi dengan bunga tahunan 6% maka perkiraan cicilan per bulan Rp 900.000, sedangkan 7% Rp 956.000

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *