Kenali pasar properti Anda sebelum memutuskan berinvestasi

Investasi Tanah

hujanbulanjuni.net – Investasi tanah bisa dibilang berhubungan dengan bisnis properti. Bedanya cuma pada objeknya. Tanah baru sebatas lahan tanpa ada bangunan di atasnya. Berbeda dengan properti yang sudah menjadi satu antara tanah dan bangunan.

Tips Investasi Tanah

investasi tanahSebelum tertarik dan memulai untuk berinvestasi tanah, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis tanah untuk investasi. Paling tidak  bisa menjadi tolok ukur dalam membeli tanah.

Tanah yang  belum berprospek pembangunan

Jenis tanah ini belum masuk dalam agenda tata ruang yang spesifik. semisal, apakah untuk kawasan pemukiman atau industri. Karenanya membeli tanah jenis ini sifatnya spekulatif, namun harganya lebih miring. Apabila spekulasi tepat maka di kawasan itu akan dibangun sebuah permukiman, pusat industri, dilalui jalan, atau pembangunan infrastruktur. Dan otomatis harga tanah merangkak naik. Dan sebaliknya apabila prediksi meleset, harga jual tanah akan tetap statis.

Tanah dengan lokasi yang strategis

Umumnya letaknya lokasinya dekat dengan pusat kota, akses jalan raya yang mudah, infrastruktur sudah terbangun , tersedia fasilitas umum. Harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan tanah yang belum ada prospek pembangunan. Jadi menanamkan tanah di lokasi strategis butuh modal yang besar.

Tanah yang ideal

Tanah ideal maksudnya  dari luasannya. Ada rumus yang pas dalam mempertimbangkan bentuk tanah yang ideal. Kebanyakan tolok ukurnya yaitu lebar tanah di kisaran 40-75 persen. Tanah yang ideal adalah yang berukuran 12X20 meter persegi, 8X18 meter persegi, 12X20 meter persegi, dan lain-lain. Tanah dengan ukuran itu sangat sempurna untuk didirikan bangunan. Terlebih apabila bentuk tanahnya trapesium yang banyak dicari orang.

Tolok Ukur tambahan

Ada faktor lainnya yang menjad tolok ukur dalam menentukan lokasi tanah yang bagus. Sebut saja kemiringan tanah, lingkungan sekitar, kepadatan tanah, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Mengurus Sertifikat Tanah

Investasi Kavling Tanah

Pertimbangan tipe tanah kavling

Sebelum dijadikan komplek perumahan, lahan yang tersedia seharusnya dibagi menjadi beberapa kavling terlebih dahulu. Untuk itu kita perlu mengetahui tipe-tipe tanah kavling sebagai pertimbangan kita nantinya.

Ada 6 tipe kavling yang perlu kita ketahui :

1. Tipe A (Cul De Sac Lot ) artinya jalan buntu. Posisinya tanahnya berada di ujung jalan yang buntu.

Kelebihan kavling Tipe A (Cul De Sac Lot), yakni sistem keamanannya lebih terjamin karena bagian yang ada di depan punya ukuran yang lebih sempit dan bagian dalamnya justru lebih besar dan lebar. Kavling ini juga dapat menghadirkan suasana yang lebih tenang dan tentram. Penerapan yang paling sesuai adalah untuk membuat rumah hunian atau tempat tinggal.

Kelemahan kavling Tipe A (Cul De Sac Lot), adalah kavling tipe ini tidak dapat dijadikan tempat parkir yang luas. Apabila Seandainya punya mobil terutama jika jumlahnya tidak hanya satu tentu hal ini dapat menimbulkan persoalan tersendiri. Kecuali apabila rumah itu dilengkapi dengan garasi yang besar dan dapat menampung beberapa mobil.

2. Tipe B (Interior lot) adalah tanah kavling yang sering gunakan di komplek perumahan yang memakai metode cluster. Kavling ini lokasinya berada di bagian paling tengah dari deretan kavling yang ada di dalam satu blok.

Kelebihan kavling Tipe B (Interior lot), yakni sistem keamanan lebih baik, sebab pintu masuknya hanya ada satu saja. Dan selain itu juga suasananya amat begitu tenang. Bagi benar-benar menghargai nilai-nilai privacy, tanah kavling tipe ini sangat sesuai untuk dijadikan alternatif utama.

Kelamahan kavling Tipe B (Interior lot), yakni suasananya tenang akan tetapi suasana yang demikian itu dapat membikin bosan. Sebab arah pandang atau viewnya cuma ada satu arah saja.

3. Tipe C (Intersection lot), di indonesia kerap kali dikasih sebutan tusuk sate.

Kelebihan Tipe C (Intersection lot), yakni pandangan mata dapat lebih luas dan bagus dipakai untuk bangunan yang bersifat komersial seperti kios, toko, warung dan lain sebagainya. Sebab keberadaannya dapat tampak dari jarak yang cukup jauh.

Kelemahannya Tipe C (Intersection lot), jika malam tiba orang yang ada di dalam bangunan gampang terkena gangguan dari lampu kendaraan yang melintas di lokasi tersebut. Apabila dilihat dari sisi keamanan juga kurang begitu terjamin.

4. Tipe D (Corner Lot atau kavling sudut/hoek). Kebanyakan orang tidak begitu suka dengan tipe kavling ini, tetapi sebagian yang lain justru mencarinya.

Kelebihan Tipe D (Corner Lot atau kavling sudut/hoek), yakni mempunyai lahan yang lebih luas dan dapat dijadikan sebagai bangunan komersial dan usaha. Sebab punya dua muka sehingga dapat dilihat dari dua arah sekaligus.

Kelemahan Tipe D (Corner Lot atau kavling sudut/hoek), butuh dana yang lebih besar untuk perawatannya. Keamanannya juga kurang terjamin sebab bangunan yang ada di tempat ini umumnya juga mempunyai dua pintu. Suasana yang kurang nyaman sebab posisinya berada di persimpangan jalan sehingga lebih bising.

5. Tipe E (Key Lot). Posisinya berada di tengah kavling yang lain dan nampak mengunci kavling yang berada di sekitarnya.

Kelebihan Tipe E (Key Lot), Memiki bentuk yang memanjang kearah belakang dan mempunyai lahan parkir yang luas. Keamanannya juga lebih baik dan suasananya sangat tenang.

Kelemahan Tipe E (Key Lot), jika dibuat sebagai rumah hunian, sistem sirkulasi udaranya kurang baik dan arah pandangnya cuma ada satu saja. Dan juga posisinya berada di dekat septic tank yang tentu saja dapat menimbulkan bau yang tidak sedap apabila terjadi kebocoran.

6. Tipe F (flag lot). Disebut flag lot karena bentuknya seperti bendera yang berkibar. Tipe kavling ini jarang ditemukan dalam perumahan.

Kelebihan Tipe F (flag lot).  Sistem keamanan sangat bagus, sebab posisinya agak tersembunyi.

Kelemahan Tipe F (flag lot).  Karena posisinya seperti maka aksesnya atau jalan masuknya menjadi kurang bagus karena tidak menuju langsung ke jalan utama. Rumah seperti ini hanya bagus untuk hunian, tapi tidak untuk membuka usaha.

Baca Juga: Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah

Demikian info dari Penulis seputar investasi tanah beserta Pertimbangan investasi tanah kavling dengan mengetahui tipe tanah kavling, semoga bisa bermanfaat.

Share artikel ini : Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

comments

Leave a Reply

24 Comments on "Investasi Tanah"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
jalan dan makan
Guest

kalau aku punya tanah bang warisan orang tua mudah-mudahan nilainya terus bertambah

Eka Ikhsanudin
Guest

kalau di tempat saya biasanya tanah sawah yg deket dengan akses jalan dan tanah yg di kavling mas yang biasa buat investasi tanah. ternyata untuk tanah kavling sendiri ada beberapa kriteria yah hehe, saya malah baru tau skrg. saya Tahu nya tanah pinggir jalan saja..

Mamapp
Guest

Ya betul. Perlu buat kajian dulu sebelum invest

Idris
Guest

Investasi yg selalu nilai jualnya trs bertambh dan jarang terdepresiasi kecuali faktor alam yg menimpa

Anggun
Guest

Pengetahuan baru. Artikel keren dengan quote2 cinta sbgai pengantarnya 🙂
cita2 invest tanah 💪

san
Guest

Tanah merupakan target investasi yang rasional, nilainya terus bertambah tiap tahun. Baru tahu saya kalau tanah kavling punya beberapa tipe hehe. Nice article mas

Munasyaroh
Guest

Dimanapun berada, investasi tanah pastin menguntungkan

mbah dinan
Guest

paling suka itu kalau cornet lot mas. karena kalau kita punya tanah dan kita bangun rumah gampang diakses dan biasanya kalau orang nyarinya juga mudah.

Adi Stia Utama S
Guest

Saya ada keinginan untuk investasi tanah
soalnya memang lebih menguntungkan
karena kebutuhan manusia yg semakin membludak
setelah baca baca ini nambah wawasan saya dan sdkit paham sekarang
bisa mengerti soal pembagian2 tanah

Djangkaru Bumi
Guest

Nah kalau saya lebih suka tipe D. Ada tanah hoknya. Dan akan saya jadikan tempat ruko.

Portal Informasi Bisnis
Guest

Mudah mudahan saya bisa investasi berupa tanah kavling karena menguntungkan harga tanah kian hari semakin mahal

obat
Guest

invest tanah dan emas sangat bagus peluangnya
tp harganya…gak kuku

  • Who we are

    Hujan Bulan Juni, sebuah peng-ibaratan dari Hujan yang datang di musim kemarau.

    Penulis sangat berharap disituasi seperti ini semua saudara-saudara kita memiliki tempat tinggal yang layak. bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman bersama keluarganya meskipun hujan di musim kemarau yang tidak diduga itu turun secara tiba-tiba. Continue →

  • Popular Post

    100+ Desain Rumah Modern. Selain nyaman, model terbaru cocok bagi Anda yang mengikuti perkembangan zaman.