Membangun Rumah Sederhana Dengan Biaya Murah

Rumah yang nyaman merupakan idaman untuk semua orang. Apapun jenis rumahnya baik rumah sederhana ataupun rumah modern yang membutuhkan banyak uang untuk membuatnya, tetap kenyamanan masih menjadi tolak ukurnya. Tinggal menyesuaikan budget kita saja untuk memilih rumah model seperti apa yang akan kita bangun. 

Membangun Rumah Sederhana Dengan Biaya Murah

Masih berbicara soal kenyamanan, dengan keuangan kita yang mungkin tidak bisa terlalu memilih model-model rumah kelas atas, tapi penulis sangat yakin, tidak hanya rumah mewah dan megah saja untuk mendapatkan kenyamanan. Rumah kita yang sederhanapun bisa kita buat nyaman dengan biaya murah sekalipun, bagaimana caranya?

Tips membangun rumah sederhana dengan biaya murah

Banyak diantara kita yang mengharapkan rumah yang tidak membutuhan banyak biaya dalam pembangunannya. Berkeinginan membangun rumah yang murah namun tidak terkesan murahan sudah pasti banyak dari kita yang menginginkannya. Akan tetapi bisakah hal itu dilaksanakan mengingat biaya bahan bangunan dan tenaga tukang yang saat ini sudah tidak murah lagi.

Berikut rangkuman tips-tips yang bisa penulis bagi mengenai cara membangun rumah sederhana dengan biaya yang lebih murah yang perlu untuk kita ketahui:

  1. Sebelumnya itu kita mesti memastikan mempunyai anggaran biaya yang cukup. Hal ini penting untuk memilah pemilihan bahan bangunan rumah yang akan dipakai.
  2. Membuat konsep ruang simetris agar lebih hemat dalam penempatan pondasi, kolom dan balok struktur. Ini sangat membantu, terlebih apabila kita membangun rumah dengan desain bertingkat.
  3. Jangan terlalu banyak memakai sekat dinding dan lekukan yang tidak perlu. Hal ini untuk menghemat dinding bata atau partisi yang akan digunakan dalam membangun rumah.
  4. Memakai bahan bangunan hias seperlunya saja, sebisa mungkin hindari penggunaan batu alam yang dirasa cukup membuat boros pengeluaran. Kita dapat menambahkan hiasan ini dikemudian hari ketika budget kita sudah mencukupi.
  5. Sebaiknya memakai atap rangka baja ringan dibanding kayu. dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki atap rangka baja ringan, penulis melihat bahwa aspek-aspek tertentu dari rangka atap baja ringan berada dalam kisaran yang mungkin diharapkan dalam hal biaya jauh lebih efektif dibanding dengan kayu. Dari segi keuntungan struktural, dengan baja ringan proses lebih cepat ini juga memicu biaya kompetitif dengan kayu. Sedengkan atap pelana harganya lebih murah ketimbang atap perisai. Alternatif lain, dapat dipikirkan dalam pemakaian rangka baja canal C saja dengan penutup atap Asbes non asbestos, galvalum atau atap bahan PVC yang tidak terlalu berisik, yang tentu saja harga lebih murah dibandingkan dengan pemakaian atap rangka baja ringan dengan genteng.
  6. Memakai cat dan kombinasi warna sehingga cukup menarik dan lebih terkesan tidak murahan. Cat untuk exterior sebaiknya konsisten dipakai, sebab bisa menjamin keawetan warna pada dinding luar. Untuk dinding dalam, cukup dengan memakai cat interior jenis standart.
  7. Dalam pemilihan keramik, cukup menggunakan keramik umum dengan ukuran 30×30 atau 40×40 jika seandainya budget untuk membangun rumah juga mencukupi. Dan Selain itu gunakanlah pemilihan warna yang cocok dan sesuai kemudian padu-padukan dengan warna dinding.
  8. Untuk kusen pintu dan jendela pakailah kusen jenis alumunium. Hal ini disebabkanbiaya biayanya hampir sama atau bahkan relatif lebih murah dibanding dengan kusen kayu bengkirai atau kamper. Jangan membangun rumah memakai kusen kayu yang biasa, sebab kusen kayu biasa kelas III, tidak terlalu tahan lama, apalagi jika rumah tinggal berada dikawasan yang anti rayap.

Itulah beberapa tips dari hujanbulanjuni.net mengenai membangun rumah sederhana dengan biaya murah Jika ada tips lain dari teman-teman bisa menambahkan di kolom komentar. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk banyak orang.

42 comments on “Membangun Rumah Sederhana Dengan Biaya Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *