Belajar Arsitektur Untuk Pemula

hujanbulanjuni.net – Dengan banyaknya permintaan untuk di buatkan suatu desain, terlebih desain rumah. Ini membuktikan bahwa gaya berfikir orang-orang saat ini lebih modern. Dengan banyaknya permintaan tentunya banyak juga orang yang ingin belajar mengenai desain arsitektur. Baik secara otodidak maupun melalui pendidikan formal.

Desain merupakan suatu rancangan atau garis besar suatu hal, sebuah gagasan atau sketsa sebelum membuat sesuatu. Seperti halnya membuat gedung, tentunya ada sorang arsitek dengan rancangan awalnya dalam bentuk sketsa. Tentu saja hal tersebut bisa meminimalisir kesalahan pada saat proses pembangunan.

Menjadi arsitek tanpa kuliah  

Belajar Arsitektur Untuk Pemula

Pada postingan kali ini penulis akan berbagi mengenai cara belajar arsitektur untuk pemula dan dilakukan secara otodidak tanpa harus menempuh pendidkan formal.

Semuanya tidak ada yang instan termasuk belajar asritektur. Dibutuhkan niat dan ketekunan karena memang untuk belajar menguasai software desain arsitektur membutuhkan waktu. Melalui artikel ini penulis akan membagi langkah-langkah dasar yang dapat Anda lakukan meskipun Anda tidak memiliki dasar ilmu desain arsitektur.

Langkah awal menjadi arsitektur

1. Mulai dari software yang mudah

Sebagai langkah pertama Belajar arsitektur untuk pemula, mulalah dengan menggunakan software yang tidak terlalu sulit, kali ini penulis menyarankan software dimulai dari Photoshop dan CorelDraw terlebih dulu. Melalui dua software ini Anda yang masih pemula harus bisa mengoperasikannya. Photoshop misalnya, melalui software ini anda bisa memulai dengan mengedit foto. Pelajari navigasi dan fungsinya agar semakin cepat bisa. Kemudian CorelDraw, software ini bisa di gunakan untuk merancang visual dimensi. Contohnya seperti katalog, brosur, poster, pamphlet dan spanduk.

Dibandingkan dengan CorelDraw, photoshop memiliki beberapa kelebihan. Pada photoshop Anda dapat membuat visual 2D (2 dimensi). Memperbaiki warna foto, mengedit foto. Sedangkan CorelDraw tidak dapat melakukan hal seperti itu. Dalam mengerjakan proyeknya desainer atau yang biasa kita sebut arsitek, biasanya menggabungakan 2 software tersebut untuk hasil yang lebih optimal.

Masing-masing software desain memiliki kemampuan yang berbeda-beda, berikut adalah kemampuan dari masing-masing software tersebut untuk menunjang belajar arsitektur untuk pemula:

  • Adobe Photoshop: Edit foto
  • Adobe ilustrator: Sama seperti CorelDraw, software ini digunakan untuk membuat gambar-gambar 2 dimensi/ vector
  • CorelDraw: Membuat gambar-gambar 2 dimensi/ vector
  • Adobe Premier: Edit video

Anda perlu mempelajari software-software diatas sebagai langkah awal. Setelah dirasa anda memapu mengoperasikan software-software tersebut barulah anda mulai mempelajari software-software lain yang biasa digunakan oleh para arsitek  seperti;

Archichad, Lumion, Chief Architect, Vektor Work Architecture, 3D Studio Max, Sketch Up, Punch Software, Autocad Architecture, Revit Architecture, Softplan, Microstation, Rhinoceros, Tekla, AsileFX LWCAD, dan Artlantis Studio.

Anda bisa memilih satu dari sekian banyak software yang sudah penulis sebutkan di atas. Pelajari dan dalami untuk menghasilkan sebuah karya.

Dan mungkin masih banyak lagi software desain arsitektur yang tidak penulis sebutkan. Setiap software memiliki kemampuan masing-masing. Hasilnya tidak akan mengecewakan Jika kita menggunakan secara maksimal.

2. Cari tutorial dari Youtoube

Saat ini banyak sekali tutorial desain arsitektur yang bisa Anda dapatkan di berbagai Sumber, contohnya seperti Youtube. Tinggal anda memilah video tutorial desain arsitektur mana yang menurut Anda mudah untuk diikuti dan di pelajari.

3. Mulailah dengan membuat obyek yang mudah

Bersamaan dengan mempelajari tutorial dari youtube, cobalah untuk membuat obyek yang mudah lebih dulu. Jangan terlalu dipaksakan membuat susuatu yang dirasa sulit. Cobalah secara bertahap dari dasarnya, karena memang segala sesuatu dasar-dasarnya harus kuat.

4. Bergabunglah dengan komunitas

Tips belajar arsitektur untuk pemula berikutnya adalah dengan bergabung dengan komunitas. Anda bisa belajar dari sesama anggota. Biasanya mereka akan memberikan masukan atau saran yang bermanfaat. Atau Anda bisa bertanya tentang kendala-kendala dalam membuat desain. Tanyakan apa saja yang ingin Anda ketahui.

Apabila sulit menemukan komunitas seca offline, Anda bisa menemukannya melalui sosial media seperti facebook, twitter, dan sosial media lainnya. Disana anda akan banyak menemukan grup desain arsitektur.

5. Bertanya kepada Ahlinya

Apabila anda memiliki keluarga atau teman yang bergelut di bidang desain arsitektur. Jangan ragu-ragu untuk bertanya. sebab sudah tentu mereka memiliki pengalaman dan ilmu tentang  desain arsitektur. Penulis menganggap belajar melalui youtube dengan belajar langsung kepada ahlinya akan sangat berbeda. Dari youtube anda tidak bisa tanya banyak hal. Tanya melalui kolom komentar pun belum tentu ada tanggapan dari yang upload video.

Akan sangat berbeda jika anda langsung berhadapan dengan ahlinya. Pada saat mendemokan desainnya di depan Anda, maka sekalian bisa dengan bebas menanyakan apapun.

6. Sabar, ulet dan tetap semangat

Memiliki keuletan diiringi dengan kesabaran dan semangat tinggi adalah kunci untuk bisa Belajar arsitektur untuk pemula secara otodidak. Anda perlu membuat target harian. Misalkan saja minggu pertama anda harus bisa membuat A, kemudian minggu kedua bisa membuat B, dan seterusnya. Dengan membuat target maka lambat laun anda akan mulai menguasai dan mahir teknik desain arsitektur.

70 comments on “Belajar Arsitektur Untuk Pemula

    • hujanbulanjuni.net says:

      kemauan dan passion lebih mempermudah seseorang melakukan hal yg dirasa tersulitpun.
      gitu y bang..
      tapi tetep, lakukan secara bertahap, dasarnya dikuatin dulu.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      iya bang, belajar otodidak. paling cepet sih klo belajar sama temen yg bergerak di bidang arsitektur alias arsitek sih bang, sering liat temen yg sedang mengerjakan projectx.. itu dulu sih kalo dari saya pribadi.

      Reply
      • hujanbulanjuni.net says:

        bukan bang, sebenarnya saya kurang begitu minat sama dunia tekhnik terlebih arsitektur. saya minatx lebih ke bisnisnya bang.
        berhubung lingkungan kerja saya anak arsitek semua ya jadinya belajar banyak juga dari mereka.

  • Sabar, ulet dan tetap semangat memang harus dimiliki oleh setiap orang, mas Hujan eh mas Juni.

    Tambahin satu lagi. Tetap tersenyum manis walau hujan gerimis di hari Kamis.

    Woiii… ini hari Selasa, bukan Kamis.

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      lah.. mbak ima sehaatttt???^^

      tapi tenang aja mbak.. paling entar hari kamis ujan juga.. disini tiap hari hampir hujan.. 😀

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      harapanya seperti itu bang, klo sudah mulai mahir saran saya sih bisa langsu cari project, banyak kok project lelang yg bertebaran di internet.

      Reply
  • belajar arsitektur secara otodidak, jadi keingetan ketika bikin blog, otodidak banget dan butuh konsistensi dan keuletan, tapi hasilnya bisa memuaskan hati dan lebih keren daripada lulusan aslinya.
    cuman…lamaaaa bisa-nya

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Betul sekali mbak..berhubung ini untuk dasar2nya jadi untuk software Autocad, sketchup, dan lainya kita bahasnya di next artikel untuk next level.

      soalnya kalo disuruh langsung ke software2 itu saya rasa agak kesulitan..^^
      jadi saya sarankan untuk belajar dari yg mudah dulu. itung-itung pemanasan.. 😀

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      cari bakat dari passion mbk ella. g harus arsitek. melakukan pekerjaan sesuai passion akan mendapatkan kesenangan tersendiri.. kalo orang bilang. bekerja yang paling enak adalah hoby yang di bayar. ^^

      Reply
  • Banyak orang baik yang mau berbagi di internet
    yang terpenting kitanya ada kemauan untuk belajar
    ada kemauan untuk bisa.
    saya aja bisa setelah nonton tutorial menjadi jomblo yg baik hahahaha (kidding)

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      tutorial jomblo yang baik.. wah yg ini yg saya dari dulu belum juga paham bang.. dalam banged ilmunya.. klo bang adi sampe bisa menguasai ilmu itu berarti bang adi memang berbakat di zona perjombloan.. haha

      Reply
      • hujanbulanjuni.net says:

        beuh.. kayak pang lima tiengpang aja bang adi.. mengalami seribu macam penderitaan cinta. “beginilah cinta, deritanya tiada akhir”.
        😀

    • hujanbulanjuni.net says:

      passion dulu sih bang sebenarnya. untuk masalah bakat atau tidaknya mengalir biasanya. semakin orang itu punya passion di bidang ini maka yg berbakatpun bisa lewat..
      karena passion yg membawa orang itu belajar dan bekerja secara suka cita, hasilnyapun saya yakin tidak mengecewakan.

      Reply
  • Ternyata arsitektur juga cuman pake softwere photoshop dan corel draw ya…

    Saya kira pake softwere kaya autocad dan solidwork…

    Mungkin juga kalau belajar arsitektur secara otodidak harus melatih ilmu kira-kiranya ya…

    Soalnya kalau soal susun menyusun instingnya harus lebih matang…

    Itu menurut saya sih sobbb…

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      autocad dan teman2 nya juga wajib bang..
      kan butuh render juga.
      di tempatq kerja setelah render kadang masih perlu di edit lagi pake photoshop untuk sentuhan akhir.

      Software yg saya sebutkan di atas adalah software tingkat dasar.
      untuk software seperti autocad, vray dan semacamnya kita bahas di next artikel dan next level ya.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      mudah kok bang klo photoshop..
      lewat tutorial youtube aja bang biar gampang..
      klo di otak atik sendiri malah g ketemu ^^

      Reply
  • Di zaman sekarang banyak yang bisa dipelajari dan untuk memaksimalkan apa yang menjadi hobi atau fashion seperti yang admin sebutkan
    bisa dipelajari lewat tutorial2 yang bertebaran di internet
    sayangnya saya lebih suka minta dibuatkan desaiannya daripada mendesain sendiri hehe

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      hehe.. mental pengusaha nih.. g perlu desain sendiri… serahkan pada ahlinya, desain jadi tinggal bayar.. hehe.. kece dah

      Reply
  • Dari sekian point yg tertulis di atas, yg paling berat itu menjaga sabar dan semangat nya gan.
    Kadang awal2 nya saja sabar semangat, sudah beberapa waktu ke depan nya malah mulai bosen.

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      bener sekali bank, kadar semangat kadang naik turun. manusiawi sekali, jangan kan semangat.. keimanan aja naik turu.. bener g bang?

      untuk itu harus sering ngumpul dengan komunitas bang (komunitas desain arsitektur). ada kalanya jika kita down teman kita yg ngedorong semangat kita lg.

      Reply
  • bener banget kang.. saya pengen banget menguasai photoshop cuman emang belum mahir bener. pengen belajar via youtube kayanya lebih cerna tuh kang, daripada baca teori suka bingung sendiri

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      iya mbak vika, mending langsung liat tutorialnya aja.. dari yg mudah aja dulu.. ngatur kontras, menggabungkan gambar. pemakaian brush.

      jika udah terbiasa baru selanjutnya ke tingkatan yg lebih.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      makin kesini memang semua orang makin gampang mencari sumber untuk belajar. bisa dari mana aja.
      jadi siap2 aja untuk yg tidak belajar berarti dia tidak siap juga untuk bertarung.

      Reply
  • asal ada kemauan dan niat pasti bisa, saya belajar sketchup otodidak karena tertarik sering lihat temen kerja pake sketchup dan ternyata mudah. dan sekarang kerjaan makin nambah tapi gaji tidak wkwkwk

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      nah kan.. ini buktinya ada.. bang hendri, otodidak.. keren bang…
      langsung cari project bang.. banyak kok project2 lelang. tapi paling tidak untuk awalan mending cari partner dulu.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      betul bang, banyak sekali orang2 sukses yg track recordx tidak ada pendidikan formalnya. mereka belajar langsung dari kehidupan. alhasil lebih mateng dan siap menantang hidup.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      perlu banged kali bang.. itu malah untuk level lanjutan.
      di artikel ini belajar dari dasar2nya dulu di mulai dari sofware umum dan yang mudah di pelajari.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      memang lain orang lain passion. klo udah pesimis di dunia arsitektur mending bang tuxlin mendalami lg bakat yg udah ada saat ini.. di pertajam lagi sampai ke tingkatan expert.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      betul bang.. harus banyak belajar.. mencari referensi secara mandiri.. mencari link, mencari partner.. y, harus kuatlah ngejalaninya klo udah mutusin untuk terjun ke dunia arsitektur.

      Reply
  • Kalau desain mendesain, mungkin gampang2 susah, gampangnya kalau sudah terbiasa, dan susahnya mungkin kalau gak pernah gambar desain bangunan sama sekali, karena itu kita gak asal gambar, ada perhitungan dan skalanya,,, yang saya tahu sih gitu heheh 😀

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      mungkin awalnya aja y bang yg susah, setelah beberapa step terlewati saya juga yakin makin kesini makin lempeng aja nge-gambarnya. butuh jam terbang belajar aja sih sebenarx.

      Reply
  • Dulu saya tertarik abnget belajar arsitektur dan suka denah denah rumah dan sekarangpun masih kepikiran utk belajar tapi waktu jualah yg menjadi penghalang krn saya harus memaksimalkan waktu luang yg ada

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      mending perdalam yg saat ini sudah menghasilkan aja bang, sayapun begitu.. waktu yg g memungkinkan, bahkan nge-blogpun senin kamis.. padahal saya lagi minat2x nih untuk nge-blog..^^

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      hehe.. saya mah cuma ngasih referensi aja kok bang. belajar dimana aja mah sah2 aja.
      yg penting, sukai dulu sebelum melakukan. klo udah suka dg pekerjaannya, sesulit apapun pasti enak aja ngejalaninnya.

      Reply
  • Bermanfaat banget, tapi tetep aja sulit, eh engga sih ya sulit engga mudah juga engga, asal ada kemauan mah. Saya suka desain desain interior ataupun rancang rumah, seandainya semudah main minecraft wkwkwk

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      klo belajar sendirian saya rasa juga sulit bang.. otak atik software sendiri tanpa ada yg menunjukkan langkah2 kerja dan fungsi dari masing2 fitur.
      itu kenapa mending belajar langsung ke ahlinya atau melalui video2 tutorial.

      Reply
  • Whoaaaa baru tau saya kalo jadi arsitek bisa tanpa kuliah. Memang kemauan dan tekad kuat tidak bisa menghalangi siapa saja ketika dia ingin menjadi apa dan siapa. Jempol mas

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Mengingat cara2 seperti ini sudah banyak di buktikan oleh orang2 besar. so sepantasnya juga kan kita meniru jejak mereka. yg jelas hilangkan keraguan kalo mau belajar. yakin aja.

      Reply
  • makasih kang tipsnyaa.. saya pengen banget belajar arsitek kaya gtu.. menguasai photoshop dan corel, tapi apa daya kadng liat tutorial aja masih kurang ngerti.. harus ada yang ahlinya ngajarin langsung nih heheee

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      harus telaten karo orang jawa bilang mah. lihat tutorialpun kadang g cukup liat sekali. butuh beberapa kali liat baru ngerti yg di maksud. itu baru pemahaman mengenai tutorial saja. belum praktek sendiri secara teksnis.
      Makanya perlu dibutuhkan konsistensi dan kesabaran dalam belajar.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      hehe. betul bang.. kemauan, passion dan komitmen.
      harus konsisten dengan apa yg sudah dimulai.
      masalah referensi belajar bisa di dapat dari mana aja, termasuk youtube.

      Reply
  • Aku kira arsitek itu mesti harus kuliah dulu lo juni,ternyata kemauan kuat tetap ada jalannya yah.
    Kalau passion yg didukung kemauan kuat pasti bisa nih.
    Kalau aku pasti pusing pala belbi klo belajar jadi arsitek sendiri karena cm penasaran doang 😂

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      usaha berbanding lurus dengan kesuksesan.
      butuh ekstra sabar klo baru belajar..
      jangn sampe menyerah ketemu jalan buntu.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      jalan hidup memang g bisa di tebak y mbak..
      tapi asal yg sudah kita jalani sudah baik ya dilanjutkan aja mbak.. rezeki bisa datang dari mana aja. so, fighting..^^

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *