Kenali pasar properti Anda sebelum memutuskan berinvestasi

Biaya Jasa Arsitek Di Indonesia

hujanbulanjuni.net – Untuk Anda yang berniat membangun sebuah hunian, eksistensi arsitek memang benar-benar dibutuhkan. Jasa arsitek betul-betul diperlukan guna membantu Anda untuk mewujudkan desain rumah yang sesuai dengan keinginan. Akan tetapi sekarang ini masih banyak masyarakat yang belum berani memakai jasa arsitek, sebab mereka belum tahu secara detail berapa biaya jasa arsitek.

biaya jasa arsitek

Nah, untuk Anda yang saat ini berniat membangun rumah, berikut ini penulis akan sharing mengenai metode dan daftar biaya jasa arsitek:

Paket Biaya Jasa Arsitek yang Biasa Ditawarkan

Presentase Biaya Bangunan

Ada berbagai macam metode yang digunakan oleh seorang arsitek dalam mematok harga jasanya. Salah satunya menawarkan jasanya berdasarkan presentase dari biaya pembangunan. Sebagai contoh, setelah desain rumah selesai dibuat dan dihitung, bisa diketahui bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah tersebut adalah sebesar Rp 4 miliar. Maka tarif dari arsitek sebesar  4,78% (berdasarkan patokan Ikatan Arsitektur Indonesia) dari total biaya Rp 4 miliar. 

Dalam pembahasanya mengenai biaya jasa arsitek, Ikatan Arsitek Indonesia sudah membuat patokan tolak ukur untuk prosentase tarifnya. Untuk rumah dengan biaya keseluruhan produksi kurang dari  Rp 200 juta, maka presentase tarifnya 6,50%. Kemudian rumah dengan total biaya produksi Rp 2 miliar maka tarifnya sebesar 5,51%.

Per Meter Persegi

Kebanyakan arsitektur menawarkan jasanya dalam bentuk desain gambar. Kemudian dari desain gambar tersebut, arsitektur menawarkan harga jasanya dengan menggunakan hitungan per meter persegi.

Hitungan per meter persegi merupakan hitungan dimana seorang arsitektur membuat biaya jasanya berdasarkan luas rumah yang akan dibangunnya.

Contohnya:  seorang arsitektur mendesain rumah,  setelah desainnya jadi maka bisa diketahui bahwa luas bangunan rumahnya mencapai 250 m2. Maka hitungan biayanya yaitu luas bangunan dikalikan dengan harga per meter yang ditentukan oleh seorang arsitektur. Besaran patokan per meter dari seorang arsitektur sendiri bervariatif mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per meter persegi. Itu lah biaya jasa arsitek jika menggunakan metode per meter persegi. Dibawah Rp 100 ribu pun mungkin akan banyak juga anda temukan. Yang jelas setiap arsitek memiliki patokan harga sendiri-sendiri. 

Pepatah kuno: “Ada harga, ada kualitas”

Paket All in

Dari yang penulis tahu, ada beberapa arsitektur yang menawarkan saja desainnya satu paket dengan kontruksinya. Atau yang biasa kita sebut dengan kontraktor. Tugas kontraktor adalah membangun rumah sesuai dengan desain yang sudah di gambar oleh seorang arsitektur.

Jasa arsitektur yang merangkap sebagai kontraktor biasanya memiliki harga paket yang lebih murah dibanding jika Anda mencari kontraktor sendiri. Akan diberlakukan harga khusus jika anda mengambil paket all ini. dengan biaya jasa arsitek yang menerapkan Paket All in, anda tidak perlu repot-repot lagi mencari jasa kontraktor untuk membangun rumah Anda. cukup efisien bukan?

Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek

Memilih untuk memakai jasa arsitek tentu dapat Anda jadikansebagai pertimbangan. Karena memang dengan menggunakan jasa arsitek ada beberapa keuntungan yang anda peroleh.

Apa saja keuntungan menggunakan jasa arsitek:

  1. Jasa arsitek akan membantu mewujudkan rumah impian anda dengan desain rumah seperti yang anda inginkan
  2. Jasa arsitek justru akan membantu membuat Anda lebih hemat dan efisien. Sebab arsitek sekaligus akan membuat RAB (Rancangan Anggaran Biaya). Dengan tolok ukur RAB ini lah, Anda bisa terhindar dari biaya-biaya anggaran produksi rumah yang membengkak.
  3. jasa arsitek akan melindungi Anda beserta keluarga Anda dari bahaya kekeliruan struktur yang berpotensi akan membuat bangunan rumah Anda runtuh atau tidak tahan lama.

Itulah biaya jasa arsitek yang perlu anda pertimbangkan dalam mebangun rumah impian  anda dan keluarga. Dari penulis sendiri sangat menyarankan Anda untuk menggunakan jasa arsitek. Kebahagiaan tersendiri jika rumah impian kita di bangun sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Mengingat harganya yang begitu variatif, anda bisa mencari banyak referensi jasa arsitek yang banyak bertebaran di internet. Disana anda bisa melihat portofolio dan biaya jasanya. Pilih seorang arsitektur yang biayanya sesuai dengan budget anda.

Bagi anda yang kurang tertarik menggunakan jasa arsikek dan ingin mendesainya rumah anda sendiri. penulis bisa memberikan tips untuk anda. silahkan pelajari artikel penulis sebelumnya mengenai Belajar Arsitektur Untuk Pemula. pada artikel tersebut anda akan belajar arsitektur secara otodidak.

Demikian artikel yang bisa penulis bagikan hari ini, semoga bermanfaat.

comments

Leave a Reply

56 Comments on "Biaya Jasa Arsitek Di Indonesia"

avatar
  Subscribe  
Notify of
Maya

Ya Kalau budget memungkinkan paling enak pakai jasa arsitek
Selain mendesain secara otodidak sekarang banyak juga tukang atau ahli bangunan yang bisa diandalkan dalam mendesain rumah huni
atau cara lain dengan mencontek rumah teman atau keluarga yang kita sukai kan bisa tanya-tanya tuh hehe …

Kang Nata

Wah gede juga tuh bang Honor arsiteknya, kalau dipersentasekan…. ckckckckck…..mending jadi arsitek saya nich dari pada blogger, hehhee… 🙂

Mas kenapa domainnya, ngk pakai kata kunci rumah saja, sebab lebih banyak membahas tentang rumah dan hal yg berkaitan. 🙂

Ahmad Zaelani

Mungkin tergantung jam terbang dia atau pengalaman pernah desain projek apa aja,, kayaknya kalau di indo masih murah yah ?? hehe 😀

Nia Tanaya

200rb permeter persegi? Saya juga mau mas juni jd arsitek kalau gitu mah,

Lebih bagus mmg pake jasa arsitek, walaupun biayanya ga murah tp kepuasannya dapet!

Mayuf

Semua yang pake jasa udah pasti dijamin tapi budget nya juga harus di jamin, hehe
Termasuk jika mau menggunakan jasa arsitek 😀

obat sakit

kalau memakai jasa arsitek rumah, biaya menjadi besar. Biasanya orang lebih memilih desain dari tukang yang lebih berpengalaman.

Mau apalagi, mendesain sendiri juga kurang paham, tar malah salah kaprah
mending ikut pak tukang saja

Andrie Kristianto

aku masih bertanya tanya soal orang orang yang bangun rumah bisa jadi dan mengerti apa yang dimau dari pelanggan nya, padahal dari mereka ga ada latar belakang arsitek atau apapun… gimana tuh hha

Satria salju

Yaa!! Betul sekali tulisan diatas… Makin besar biaya makin bagus pola penerapan bangunannya.. Ada Harga, Ada Kualitas..

Cuma terkadang di indonesia biaya mahal bahan dikurang2,in contohnya pasang keramik pasir sama semen ukuran bagus 5 banding 3…. Dikurangin deh jadi 5 banding 1… Abis tuh keramik pada kopong baru sebulan udah ngangkat…Haaahaaaa!!! 😂😂😂😂😂😂

Lhaa! Coba itu salah siapa??? 😱😱😱😳😳

obat sakit

bisa saja pakai paket atau istilahnya borongan
namun terkadang tak sesuai dengan selera rumah yang kita idamkan

Anisa

Jadi arsitek kalau per meter erseginya segitu enak juga yaa, sayang saya blogger bukan arsitek :v

Adi stia utama S

Temen saya ada yg jadi arsitek, saya udah pesen gambar untuk rumah minimalis, tapi baru gambar aja. bangun rumah nya entah kapan.
rumah tangga aja belum kebangun haha

vika

Alah mayan juga yaa harganyaa.. Tapi sebanding ama kualitasnya.. Yang terpenting kan bisa memiliki rumah yang sesuai dengan yang diinginkan ya kang.. Semoga aja bisa renovasi rumah.. Sekarang waktunya nabung dulu wkwkw

Dody Purwanto

Memakai Jasa Arsitek All In One lebih menguntungkan. Kita cukup memberikan informasi konsep rumah, fasilitas, kebutuhan kamar, dan lain-lain. Toh selama proses pengerjaan kita masih bisa merevisi desain tersebut sambil jalan sesuai kesepakatan.

Anggun

Pakai jasa arsitek untuk menghindari pembengkakan biaya karena perkiraan sudah terorganisir dg baik. Iya jg ya. Tapi kok ya mahal yaa biayanya,itu aja udah bengkak 😂

M. Rifan Fajrin

Memang profesionalitas itu mahal harganya. 😀

hendri septian

ternyata lumayan ya pake jasa arsitek, tapi setidaknya jadi tau desain rumah yang akan di bangun dan puas.
jadi pengen belajar desain dan tentang arsitek.

Abd KAdir

kalau ada budget lebih memang sepatutbila kita gunakan jasa arsitek yang sudah berpengalaman

yanto cungkup

kalau memakai jasa arsitek maka hasilnya akan lebih memuaskan ya mas,tapi masalahnya kita kudu ngeluarin biaya tambahan untuk membayar jasa arsitek

Agus Supriyono

kalau saya dulu sejak kecil diperkenalkan arsitek, mungkin saya kuliah ambil jurusan ini, sepertinya menarik sekali dan peluangnya bagus sekali

Indra Kusuma Sejati

Memang benar sih mas, sebuah nilai menentukan kulitas dari bahan dasr yang akan digunakan untuk membangun sebuah bangunannya ya ?

Dwi Sugiarto

Kalau di Perumahan biasanya ada jasa borongan bangun rumah,jadi mulai dari desain sampai reliasasinya dia yang tangani.Sya pernah punya tetangga pemborong,bukan insyinyur tapi mahir membuat desain sekaligus yang mbangun juga

Rudi Chandra

Kalo pake arsitek, hasilnya emang lebih terjamin sih, walau biayanya juga bisa lebih besar.
Tapi ya ada harga pasti ada kualitas.

friendblogger

Biasanya lei murah kalau jasa arsitek include jasa kontraktornya

Idris

Pernah ngaudit perusahaan konstraktor, jasa arsiteknya memang luar biasa.. Klo untk rumah pribadi mah cari referensi di dunia maya sama tukang sudah cukup kayaknya.. Hehe

alfan ismail

Rumah dengan luas tanah yang minim tapi pengen ada kolam renang gmana ya mas

Nugraha Fauzi

Pantesan toh, tetangga saya ada yang jadi arsitek, dan itu satu gambar saja bisa berharga 5 – 20 juta rupiah, ternyata ngitungnya seperti itu toh…Baru tau hihi

Lia Lathifa

Hebat juga ya biaya jasanya, bukti bhw pikiran lbh mahal dibanding tenaga, gak hrs capek ngaduk semen tapi bayarannya lbh gede drpd tukang harian