Cara Membersihkan Kolam Renang Dengan Tepat

 Cara Membersihkan Kolam RenangSemangat pagi!! Pada kali ini penulis berkesempatan untuk membuat sebuah artikel yang  membahas mengenai cara membersihkan kolam renang. penulis berharap postingan kali ini bisa bermanfaat untuk pembacanya.

Kolam renang merupakan tempat yang pas sebagai penghilang lelah setelah beraktivitas seharian. Selain itu anda juga dapat berolahraga di kolam renang untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jika di rumah Anda terdapat kolam renang, Anda harus pintar-pintar menjaga kebersihan kolam renang Anda. Berikut ini Ada banyak cara membersihkan kolam renang Anda yang bisa penulis bagikan. langsung saja simak cara berikut beserta ulasannya:

Cara Membersihkan Kolam Renang

  • Pahami Penyebab Kolam Renang Kotor

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan kolam renang agar terlihat lebih bersih yaitu dengan Anda harus tau terlebih dahulu apa penyebab kolam renang Anda terlihat kotor.

Dengan Anda mengetahui sumber masalah dari kolam renang yang kotor tentu saja Anda dengan mudah mencegah sumber masalah itu. Contohnya jika kolam renang Anda kotor akibat daun yang kering, Anda dapat menjauhkan pohon ataupun tanaman di dekat kolam renang agar kolam renang Anda tidak kotor.

  • Ambil Sampah Dengan Jaring

Setelah itu Anda harus memahami sumber masalah dari kotornya kolam renang itu, jika memang kolam renang Anda masih kotor. Lakukan pembersihan sampah menggunakan jaring. Jaring yang digunakan ini bisa Anda dapatkan di toko kolam renang. Anda dapat melakukannya setiap pagi dan sore hari.

  • Tingkatkan Efisiensi Sirkulasi Air di Kolam Renang

Selain dengan cara membersihkan menggunakan jaring untuk mengangkat kotoran-kotoran yang ada di kolam renang seperti daun kering dan sampah lainnya, Anda juga wajib meningkatkan efisiensi sirkulasi air yang ada di kolam renang dengan tujuan agar jumlah klorin dapat ditekan dengan baik. Anda dapat melakukan ini seminggu sekali.

  • Kuras Kolam Renang Secara berkala

Kebersihan kolam renang memang tidak selamanya bersih karena dekat pepohonan, untuk itu perlu dilakukan pembersihan secara menyeluruh dan merata. Pembersihan secara menyeluruh yaitu dengan melakukan pengurasan kolam renang.

Menguras kolam renang dapat dilakukan seminggu sekali. Namun jika Anda merasa kolam renang Anda sering digunakan, Anda dapat membersihkannya lebih sering lagi, dengan tujuan agar kolam renang tetap bersih dan tidak kotor kapanpun Anda menggunakannya dan untuk mencegah warna hijau pada kolam.

Pengurasan kolam renang juga harus dilakukan untuk seluruh permukaan kolam renang sehingga tidak hanya air kolam renang saja yang bersih namun juga dalam kolam renang juga bersih.

  • Bisa Menggunakan Larutan Pembunuh Bakteri

Cara membersihkan kolam renang berikutnya selain dikuras, kolam renang juga dapat menggunakan larutan pembunuh bakteri khusus. Anda bias mendapatkannya di toko-toko penyedia alat kolam renang.

Cara menggunakannya, Anda hanya perlu menebarkan larutan tersebut ke seluruh permukaan air baru pada kolam renang. Selanjutnya tunggu sampai 15 menit, setelah itu kondisi air sudah bersih.

  • Gunakan Bahan Kimia Algasida / Algaecide

Salah satu masalah yang mungkin sering dialami oleh pemilik kolam renang adalah tumbuhnya ganggang hijau. Ganggang hijau dapat mengganggu penampilan kolam renang. Bagaimana mengatasinya?

Ganggang menyukai suhu air yang hangatdan juga sinar matahari yang cukup. Untuk menghindari ganggang maka Anda harus memperhatikan sanitasi pada kolam renang Anda. Apabila Anda mengabaikannya maka ganggang-ganggang tersebut tidak lama akan menutupi permukaan kolam renang Anda

bagaimana cara membersihkan kolam renang dari ganggang hijau? Untuk itu Anda perlu menggunakan algasida. Cara pemakaiannya, setelah air sudah bersih, tuangkan algasida sebelum Anda menuangkan klorin. sebab efek klorin bisa meminimalkan jumlah algasida pada kolam.

Ada 2 jenis algasida yang kerap digunakan. Algasida amonia kuaterner dan algasida metallic. Anda bisa menggunakan salah satunya, sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan Berjamur

Skala pH Ideal pada Kolam Renang

Lakukan pengujian tingkat pH secara teratur. Karena tidak selamanya air kolam yang  bersih itu sehat untuk digunakan, seperti halnya air pada kolam renang. Air kolam renang yang bersih tidak selamanya memiliki kesehatan yang baik, salah satunya yaitu dari pH Air kolam renang.

 Cara Membersihkan Kolam Renang

Skala pH yaitu pengukuran keasamaan atau kebasaan yang biasanya berkisar mulai dari 0 hingga 14. Apabila terbaca antara 7,2 -7,8, maka tingkat skala pH tersebut dianggap ideal. Kisaran tersebut biasanya aman apabila digunakan untuk berenang.

Harga pH meter

Air yang  baik pada sebuah kolam renang adalah air yang mempunyai ukuran konsentrasi ion hidrogen (pH) dari larutan yang benar. Kadar pH yang benar maksudnya total alkalin dan kalsiumnya harus seimbang.

Ini sangat perlu sebab untuk  mencegah iritasi pada mata dan kulit dan mencegah pembentukan kerak yang dapat merusak peralatan kolam renang. Pengaturan juga difokuskan pada kandungan klorin agar berkisar 1,0 – 3,0 ppm.

Untuk mengetahui keseimbangan kandungan larutan dalam air kolam, Anda perlu menggunakan alat ukur pH Meter yang dijual bebas dipasaran, atau toko-toko penyedia alat kolam renang dengan kisaran harga Rp150.000.

Baca juga: Cara Menambal Asbes Bocor

Nah itulah Cara Membersihkan Kolam Renang di rumah pribadi dengan tepat agar kolam renang Anda tetap sehat dan bersih tentunya. Membersikan kolam renang harus teraratur agar menghasilkan hasil yang memuaskan.

Cukup sekian untuk artikel kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat.

40 comments on “Cara Membersihkan Kolam Renang Dengan Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *