Cara Membersihkan Lantai Granit Agar Mengkilap

Cara membersihkan lantai granit – Beberapa orang mungkin mengira jika lantai granit adalah mimpi buruk bagi orang yang memiliki rumah dengan berlantai berlantai granit. Kenapa? Yaa.. karena lantai granit sulit untuk dibersihkan dan selalu terlihat kotor jika dipandang. Dan pada waktu membersihkannya Anda takut menggores lantai granit tersebut.

Cara Membersihkan Lantai Granit

Untuk mengatasi hal-hal semacam itu, maka penulis berkeinginan memberikan beberapa tips dan cara membersihkan lantai granit agar terlihat mengkilap serta tidak mudah kusam dan kotor. Berikut tips dan penjelasannya:

1. Bersihkan lantai granit secara rutin

Cara membersihkan lantai granit yang pertama adalah tentu saja anda harus sering membersihkan lantai granit, bila perlu Anda jadwalkan membersihkan lantai setiap hari.

Karena jika anda tidak sering membersihkan lantai granit Anda. Maka debu-debu yang berada pada sisi rumah akan menempel ke lantai granit Anda. Dan jika terlalu lama, lantai granit anda akan terlihat kusam dan sulit untuk dibersihkan. Itu sebabnya Anda harus membersihkan lantai granit anda sering-sering.

Akan tetapi jika Anda tidak mempunyai alat dan cairan khusus membersihkan lantai granit, tidak masalah jika Anda menggunakan tongkat pel dan air saja. Pembersihan harian hanya digunakan untuk menjaga lantai tetap bersih dan higienis.

2. Gunakan alat yang aman agar tidak menggores lantai

Apabila Anda biasanya membersihkan noda di lantai keramik menggunakan segala macam jenis peralatan yang ada, maka Anda tidak bisa mencoba menerapkannya pada lantai granit Anda. 

Pada lantai granit Anda harus menghindari alat-alat yang bisa menimbulkan abrasi pada lantai, contohnya seperti penggunaan sponsif atau handuk kasar. Jadi penulis sarankan agar Anda menggunakan kain atau tisu saat membesihkan lantai granit.

3. Memilih cairan pembersih lantai yang berkualitas

Cara membersihkan lantai granit selanjutnya adalah hindari penggunaan cairan pembersih lantai biasa. Anda harus memilih cairan pembersih lantai yang berkualitas. Ini sangat lah penting untuk lantai granit. Sebab jika Anda memilih pembersih lantai yang abal-abalan, lantai granit anda akan terlihat kusam. Karena tidak membersihkan kotoran yang berada pada lantai granit tersebut secara optimal.

Lantai granit memang membutuhkan perawatan khusus dibandingkan lantai keramik. Tetapi lantai granit bisa membuat rumah Anda akan terlihat lebih megah karena keindahan akibat mengkilapnya lantai granit tersebut. Pembersih lantai granit tidak sama dengan pembersih lantai pada umunya.

Jadi penulis harap Anda memastikan terlebih dahulu pada penjualnya mengenai cairan yang cocok untuk digunakan pada lantai granit sebelum memutuskan untuk membelinya. 

4. Jangan menaruh benda yang beralas tajam di atas lantai granit

Jangan lah anda sesekali menaruh barang perabotan seperti meja dan kursi yang alas nya tajam. Karena jika anda menaruh perabotan yang alasnya tajam. Lantai anda akan menyimpan goresan yang membuat lantai granit anda rusak.

Jika Anda ingin menaruh perabotan yang alasnya tajam. Berilah karpet tebal yang akan menutupi lantai sehingga tidak merusak lantai granit. Akan tetapi jika Anda menutupi lantai granit Anda dengan karpet maka Anda tidak akan mendapatkan keindahan dari lantai granit tersebut.

Tips dari penulis untuk mengakali hal tersebut yaitu berikan karpet yang berukuran kecil agar tidak menutupi seluruh lantai granit Anda.

5. Cepat-cepat di bersihkan setelah di pasang

Setelah Anda memasang lantai granit, cepat-cepatlah bersihkan lantai granit sebersih mungkin. Jika anda tidak secepatnya membersihkan lantai granit anda maka semen dan cat-cat yang jatuh ke lantai granit akan menempel kuat dan sulit untuk di bersihkan. 

Cara membersihkan lantai granit yang baru dipasang tidak boleh sembarangan. Yang bisa penulis sarankan adalah agar Anda meminta tukang yang memasang lantai tersebut untuk membersihkannya. Selanjutnya, Anda tinggal membersihkan kembali dengan mengepel lantai granit tersebut.

Cara Membersihkan Lantai Granit

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Renang Dengan Tepat

Itulah beberapa tips dari penulis mengenai Cara membersihkan lantai granit yang mungkin berguna untuk anda.

Lantai granit memang sangat mahal karena memang kualitas lantai granit yang kuat dan memiliki keindahan yang bisa membuat rumah Anda terlihat semakin mewah, elegan dan megah.

Beberapa orang menanyakan adakah keunggulan dari lantai granit dibandingkan dengan lantai keramik. Keduanya adalah lantai rumah, tetapi selera orang berbeda beda. Ada orang yang menyukai keramik. Dan juga ada orang yang menyukai granit. Jadi jika anda memiliki lantai granit, jaga lah dengan sebaik mungkin. Karena lantai granit dapat mudah kusam dan kotor.

46 comments on “Cara Membersihkan Lantai Granit Agar Mengkilap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *