Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Mungkin beberapa orang beranggapan membeli rumah adalah bukan perkara yang sulit. Tapi sebagian besar justru sebaliknya. Untuk membayar Dp saja kadang orang masih berjuang dengan keras. Terlebih untuk orang yang sudah berkeluarga. Tentunya kebutuhan-kebutuhan rumah tangga masih harus di nomor satukan.

Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Tantangan juga dihadapi oleh kaum milenal, kaum milenial akan cenderung lebih memprioritaskan kebutuhan eksis ketimbang menabung. Fonomena gadget beserta apa saja didalmnya, seperti sosial media, game,dll adalah tantangan tersendiri untuk anak muda jaman sekarang.

Agar uang bisa segera terkumpul maka Anda perlu tahu strategi-strategi khusus. Dan beruntung sekali jika Anda kebetulan membaca artikel ini. Karena Pada artikel kali ini penulis akan memberikan beberapa tips yang mungkin cocok untuk Anda. Tips kali ini berupa cara menabung untuk beli rumah.

1. Kompromi Alternatif Terjangkau

Sudah jelas jika orang suka melakukan hal-hal yang menyenangkan diri mereka. Tidak hanya anak muda saja, bahkan yang sudah berkeluargapun juga sama. Nonton film tiap minggu di bioskop, nongkrong di café bersama teman atau pasangan, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan lainnya.

Hal-hal tersebut sudah tentu membutuhkan uang. Dan jika dilakukan secara berlebihan akan membuat anda boros. Kamu masih bisa melakukan kegiatan diatas namun dengan budget yang minim. Bagaimana caranya?

Tips:

Sebagai contoh, kamu merupakan orang yang suka berolahraga atau nge-gym. Untuk mengurangi budget coba anda lakukan olahraga dirumah. Anda juga bisa ikut atau membentuk sebuah club olahraga dengan gratis. Bisa dengan teman kerja atau teman sekitar rumah.

Anda juga pelu mengurangi pergi ke café, coba deh bikin sendiri kopi favorit kamu dirumah. Rasa santai seperti dicafe bisa anda ciptakan sendiri di rumah anda. Anda bisa menghemat banyak jika anda melakukan tips cara menabung untuk beli rumah di atas. Sehingga anda yang menabung juga makin cepat terkumpul uangnya.

2. Ubah Hobi Anda Menjadi Sebuah Pemasukan Tambahan

Cara menabung untuk beli rumah yang kedua adalah, jangan sia-siakan skill dan hobi Anda dengan bermalas-malasan dikala sedang libur kerja. Jika Anda perhatikan, ada banyak aktivitas atau kegiatan yang sebetulnya membuat senang dan sekaligus mendatangkan pemasukan ke rekeningmu.

Tips:
Apakah anda termasuk orang yang suka melukis?

Melukis di sebuah media kanvas atau melukis secara digital pada tablet atau PC anda. anda bisa mulai memanfaatkan hobi anda tersebut. Dekorasi rumah berupa lukisan yang saat ini sedang tren.

Apakah anda suka menulis?

Cobalah untuk membuat tulisan yang sesuai dengan passion Anda, misalnya: kuliner, seputar traveling, seputar kegalauan, dan lain-lain.

Upload hasil lukisan anda atau tulisan anda di sosial media atau blog pribadimu. Dan pada kolom deskripsi anda bisa bisa mengungkapkan jika Anda menerima pesanan. Baik itu jasa melukis atau penulis artikel. Rezeki kadang datang dengan tidak di sangka-sangka. Jika karya kita bagus maka akan banyak orang yang tidak kita kenal sekalipun mengapresiasi karya-karya Anda.

Contoh lainnya masih banyak. Intinya, temukan terlebih dahulu hobi Anda dan cari celah untuk menjadikan hobi Anda tersebut sebagai pemasukan tambahan.   

3. Jadikan Sebagai Kompetisi

Mengumpulkan uang untuk DP rumah itu bukan hal yang mudah. Itu sebabnya daripada stres lebih baik Anda jadikan proses ini menjadi kompetitif dan menyenangkan.

Tips:

Buat kompetisi dengan sahabat dekat atau pasangan yang sedang menabung untuk beli rumah juga. Terlihat konyol memang, akan tetapi cara menabung untuk beli rumah pada point ini disebut dapat menumbuhkan motivasi menabung.

4. Jangan Lupa Beri Dirimu Reward

Apakah Anda sudah mulai jenuh dan stress mulai? Kalau iya, berarti sudah saatnya Anda mengambil nafas sejenak untuk menikmati sedikit jerih payah Anda.

Tips:

Semisal meluangkan waktu dan sedikit budget untuk berlibur ke tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat Anda. Atau bisa pergi makan di restoran kesukaan Anda. Sesudah kembali fresh, jangan kendorkan semangat Anda untuk kembali mengumpulkan dan menabung untuk beli rumah sesuai dengan target Anda.

5. Buat Uang di Tabungan Tumbuh

Untuk Anda yang mengerti dan paham mengenai investasi, jangan ragu untuk “memutar” uangmu supaya jumlahnya dapat bertambah.

Pertimbangkan untuk mengambil tabungan bersuku bunga tinggi, peer-to-peer landing, deposito, dan mutual funds, atau mungkin reksadana. Bukan berarti untuk Anda yang kurang paham mengenai jenis-jenis investasi di atas, tidak boleh melakukan hal tersebut. Perlu disadari bahwa berinvestasi akan membuat risiko yang cukup besar pada uang tabungan Anda. Dibutuhkan sebuah pertimbangan serta pengamatan yang baik supaya investasi tersebut bisa berbuah manis.

Baca juga: Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah

Itulah tips dari penulis tentang cara menabung untuk beli rumah Semoga tips di atas dapat membuat Anda lebih tenang dalam menjalani seluruh prosesnya prosesnya. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

49 comments on “Cara Menabung Untuk Beli Rumah

  • memang untuk membeli rumah sangat banyak biayanya. Seperti saya, harus menabung terlebih dahulu agar bisa membayar uang mukanya

    Belum lagi cicilannya, sangat berat

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Semangat bang.. moga dimudahkan rizkinya bang.. kita mah hanya bisa berusaha dan berdoa aja. moga tuhan melihat usaha kita bang ya.. amiin..

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      hehe.. mantappp.. yg penting nabung dulu bang ya.. soal metode apa yg kita ambil dalam membeli rumah yg penting tabungan kita cukup juga untuk men-cover kebutuhan2 sehari dan kebutuhan tak terduga.

      Reply
  • Terimakasih tips nya bang,
    Wajib saya coba nih buat persiapan masa depan, hehe
    Pengin nya juga kalo nikah dah punya rumah sendiri jadi gak ngikut ortu atau mertua

    Reply
  • Nah tips atau cara menabung untuk beli rumah di atas sangat membantu
    aku malah merelakan dipotong penghasilan utk mendapatkan rumah idaman
    intinya selama ada kemauan yakinlah akan ada solusinya dan sesuaikan dengan kondisi kita yg mana yg kita mampu

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      wah… keren banged nih klo istri bisa di ajak kerja sama dalam hal kebaikan.. mantap mbak maya..
      bangga lah suaminya mbak maya nih..

      Reply
  • Saya banget ini, memprioritaskan kebutuhan eksis daripada menabung, hehehe.

    Ini bacaan wajib, apalagi yang pengen punya rumah. Salut deh sama penulisnya.

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      weehh.. milenial banged nih..
      jadi merasa tua saya..^^
      thanks ima.. moga bisa bermanfaat ya…

      Reply
  • Hobinya sudah mulai ditekuni tapi belum bisa menghasilkan. Pelan2 😂
    Kompetisi, boleh juga caranya. Teman yg pengen beli rumah pasti jg banyak. Tapi jangan taruhan ya

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      pelan2 anggun.. nikmati aja prosesnya sampe ketemu jalannya.. cari n cari terus..
      usaha berbanding lurus dg kesuksesan.. fihting.. ^^

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      burung tidak terlalu memakan space kok bang.. bisa di taruk di depan atau sudut rumah.. temen saya juga beberapa memelihara burung dan menghasilkan… semangat bang agus..

      Reply
  • Susah sekali mang… jadi suka sedih hahah, penghasilan kecil, pengen perum, yah kalu niat penghasilan kecil juga pasti bisa, tapi sekarangmah sistemnya bukan nabung tapi yang lebih enak yah kredit… 😀

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      hehe.. iya bang.. saya pun merasakan sendiri.. ada aja bocornya tabungan mah.. pengeluaran tak terduga sering bikin orang was-was..
      optimis aja mang.. fokus kerja sambil mencari penghasilan di luar kerjaan utama.

      Reply
  • Kalo saya pribadi untuk saat ini cari aman dulu gan, yaitu tinggal di rumah mertua..
    Ya walaupun sebener nya ada mimpi punya rumah sendiri, tapi seperti nya di tunda dulu, sebab pemasukan masih naik turun..
    Walah malah curhat🤣🤣

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      g masalah bang. yg penting tetep nabung..
      duitnya bisa dibuat hal2 yg bermanfaat lain. g harus rumah. yg penting mertua bahagia.. hihi^^

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      memang tidak gampang..
      paling tidak, dari kecil kita udah diajarkan untuk menabung.. harus menyisihkan 10-20% dari penghasilan. g boleh konsumtif..

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      yang penting nabung bang.. soal uangx dipake buat apa entar, urusan belakang itu mah..
      klo duit g ditabung cepet bener bocornya klo udah bicara soal keseangan.. betul gtu ya?^^

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      mantep nih..
      bekerja keras untuk keluarga. salah satu amalan wajib bagi seorang laki2.
      saya pribadi berdoa khusus untuk orang2 yg bekerja halal dg keras. semoga dimudahkan rizkinya.. amiinn
      #AllahMbotenSare (allah tidak tidur)

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      semangat nabung bang.. g harus nunggu dapet pasangan dulu..
      biar nanti pas punya pasangan tinggal mak jleb..^^

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      mantap bang..
      didesa mayoritas warisan ya bang tanahnya..
      tinggal mikirin cara bangun rumahnya aja.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Metul bang.. sayapun meski penghasilan dikit tapi masih saya usahakn untuk menyisihkan uang. moga temen2 blogger bisa berjaya semua ya bang dwi. amiin…

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      mantap bang kadir..

      bang, saya komen di blog belum ada niche kok komen disquss-nya g mau muncul y..udah bolak2 q reload tp tetep g bisa.

      Reply
  • saya malah sering ngorekin tabungan min hehe.
    Kalau saya menabung bukan untuk beli rumah, melainkan untuk merenovasi rumah orang tua dulu dan menyelesaikan kuliah saya.

    Banyak godaan yang dialamai anak muda seperti saya untuk menabung.

    Kuliner tiap minggu, paket internet tiap bulan, ngopi dan camilan buan temen ngeblog. Hahah

    Reply
    • hehe.. udah wajar bang.. apa lagi untuk kaum milenial.. g bisa jauh yg namanya kebutuhan eksistensi.. g ada quota hidup terasa hampa.. gtu y bang nuhan?hehe..
      setidaknya sisihkan dikit bang uangx, namanya hidup pengeluaran tak terduga kadang tak bisa terbantahkan. harus bintar manage keuangan.. apa lagi anak kuliahan…

      Reply
  • Terkadang cara terbaik bukanlah dengan menabung, tetapi dengan “memaksakan diri”.

    Dulu saya memaksakan diri dengan langsung membayar DP rumah, walaupun gaji masih unyu-unyu. Sejak itu, saya seperti dipaksa untuk “menabung” alias membayar cicilan.

    Kalau saja kalau waktu itu saya tidak melakukan itu, mungkin saat ini, saya belum punya rumah. Alasannya karena harga rumah di bogor naiknya luar biasa sekali. Dalam kurun waktu 10 tahun saja, nilainya mencapai 4-5 kali lipat.

    Angka itu tidak terkejar kalau saya menabung dulu dan baru membeli. Bunga bank berapapun tidak akan cukup untuk mengejar kenaikan harga properti yang gila-gilaan itu.

    Reply
    • hidup memang harus di paksa y bang..
      apalagi yg berhubungan dengan uang.. ada aja bocornya. biaya tak terduga sering menghantui.^^

      Yang saya maksud juga menabung untuk kredit rumah kok bang. mulai dari DP sampai cicilan bulanannya.
      kalo nabung sampai terkumpul banyak. trus beli rumah secara cash kayakx butuh waktu lama.. ^^

      Reply
  • pengen banget kak punya rumah secepatnya.. tapi banyak pengen ini itu terus nih kak.. doakan yah cepet punya rumah dan bisa nabung yang bener dan berkomitmen..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *