Kenali pasar properti Anda sebelum memutuskan berinvestasi

Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan Berjamur

Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan BerjamurMenyingkirkan lumut serta jamur yang menempel pada dinding rumah adalah sama pentingnya dengan mencegahnya supaya tidak tumbuh kembali.

Pada artikel kali ini penulis mencoba menunjukkan pada Anda mengenai  caranya mencegah dan menghilangkan jamur.

Dinding rumah berlumut dan berjamur memang tidak sedap dipandang mata, begitupun dengan baunya yang menyengat. Dan yang paling parah lumut dan jamur bisa merusak dinding. Bisa menjadi aib bagi rumah dan penghuninya untuk tetangga-tetangga disekitarnya. belum lagi sporanya yang apabila terhirup bisa menimbulkan resiko alergi. Bagaimana cara mengatasi tembok lembab dan berjamur?

Jika Anda menemukan jamur didinding, segeralah membersihkannya. Atasi dengan berbagai macam produk pembersih rumah yang penulis yakin produk tersebut mudah untuk di dapatkan. Mengingat jamur pertumbuhannya sangat cepat sekali terlebih di didinding yang tingkat kelembabannya tinggi. Maka akan sangat cepat sekali menyebarnya apabila Anda tidak bergegas membersihkannya.

Selain menghilangkan lumut dan jamur, hal yang perlu Anda perhatikan setelahnya adalah mencegah lumut dan jamur itu agar tidak muncul lagi.

Mengapa lumut dan jamur tumbuh di dinding?

Jamur tumbuh dari spora yang menyebar melalui udara. Jamur umumnya tumbuh pada lingkungan yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, dilingkungan yang lembap, dan hangat. Itu kenapa, kamar mandi kerap ditumbuhi jamur.

Jamur dapat disebabkan oleh rembesan air. Contohnya seperti baik air hujan, bocoran pipa, maupun AC yang tidak terpasang secara benar juga bisa berpotensi menimbulkan tumbuhnya jamur.

Lumut yang menempel dinding biasanya berwarna abu-abu gelap atau bahkan hitam. Tidak selalu tampak hijau segar seperti yang sering kita ditemui di luar rumah. Jika tidak segera ditangani lumut akan cepat menyebar ke area yang lebih luas.

Pertama yang harus Anda lakukan untuk mengenali lumut di tembok Anda adalah, dengan mengusapkan kain yang dibasahi karbol pada bagian dinding yang Anda lihat sebagai lumut. Setelah beberapa menit, Apabila warna gelap tersebut pudar maka warna gelap tersebut adalah lumut. Dan apabila tidak, maka bercak tersebut mungkin hanya kotoran.

Cara “menghilangkan” lumut dan jamur

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan mulai dari mengenakan pakaian lengan panjang, memakai sarung tangan karet, serta masker mulut dan hidung. Dan langsung dimulai dari:

Langkah 1: Membuat larutan dari campuran air dan karbol. Biasanya takaran keduanya 1 : 3. Bagian karbol 1 kemudian bagian air 3. Apabila di rumah Anda tidak memiliki karbol, Anda bisa menyiasatinya dengan deterjen yang mengandung bahan aktif pencerah kain.

Langkah 2: Semprotkan larutan pada area atau dinding yang berjamur.

Langkah 3: Dengan menggunakan sikat yang agak kaku atau kain berserat, gosok bagian yang berjamur.

Langkah 4: Bilas secara tuntas kemudian keringkan.

Apabila langkah-langkah diatas tidak ampuh, maka gunakan produk-produk yang khusus dirancang untuk membasmi lumut dan jamurdi dinding. Produk-produk tersebut mengandung zat-zat yang lebih keras, Sehingga  Anda tidak perlu mencampur satu produk dengan produk lain. Sebab ditakutkan bisa menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya.

Cara “mencegah” lumut dan jamur

Setelah anda berhasil menghilangkan lumut dan jamur dengan cara diatas, tentu saja itu belum selesai. Selanjutnya Anda perlu melakukan langkah pencegahan agar lumut dan jamur tidak muncul kembali. Berikut cara pencegahannya:

Langkah 1: Beliah produk-produk khusus untuk menghambat tumbuhnya lumut dan jamur. Untuk mencegah spora jamur hinggap di dinding yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyemprokan antimikroba. Masukan dari penulis, pertimbangkan untuk mengganti cat dinding anti air dan jamur yang mempunyai keuntungan ganda. Pertama, dengan bahan dasar yang anti air memungkinkan untuk dilap memakai kain basah atau dicuci. Kedua, dengan minimnya air yang merembes ke dinding, maka dinding pun selalu kering sehingga lumut dan jamur susah untuk tumbuh.

Langkah 2: Menggunakan alat dehumidifier agar dapat mengurangi kelembapan udara pada ruangan yang rawan terhadap tumbuhnya lumut dan jamur. Alat ini dapat menjadi langkah untuk pencegahan jangka panjang.

Langkah 3: Pastikan lapisan talang tidak bocor, Jika rusak segera ganti atau perbaiki. Bersihkan kotoran yang ada di talang dan pipa yang menyalurkan air dari talang ke tanah agar tidat menyumbat aliran air. Terutama pada pipa yang berada di dekat atau ditanam di dalam tembok.

Langhak 4: Adanya sirkulasi udara yang lancar dan selalu kering pada dapur, kamar mandi, dan lokasi-lokasi lembap lain.

Langkah 5: Keringkan tirai kamar mandi dan handuk.

Baca juga: Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah

Itulah cara mengatasi tembok lembab dan berjamur yang bisa penulis bagikan. Cukup sekian artikel kali ini dan nantikan artikel menarik di postingan berikutnya. Terima kasih banyak semoga bermanfaat.

comments

Leave a Reply

83 Comments on "Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan Berjamur"

avatar
  Subscribe  
Notify of
Abd KAdir

lengkap cara mengatasinya dek juni jadi nggak takut lagi kena tembok lembab dan berjamur

Khairul Zamri

bagus juga cara ini boleh cuba untuk amalkan

$cocoper6

Intinya memang harus rajin bersih2 juga, jamur dan lumut tanda kalau bangunan tersebut tidak terurus dengan baik.

Mamapp

Karbol itu apa ya. Lumut memang menyaksikan Mata Kan. Tq atas tipsnya

obat sakit

Dinding rumah yang lumutan sangat menjengkelkan. karena lumutan berarti si tembok dalam keadaan lembab, padahal kansudah disemen.
Apa mungkin semennya terlalu sedikit ya

Andi Nugraha

Ini kok pas gitu ya, artikel ini. Kebetulan tembok kamarku lembab gitu, Mas..
Baca praktekan ini mah ya..

Kadang kalau lembab gitu, suka bikin rusak kalau naro lemari baju gitu, karena kena lembab juga.

obat sakit

rumah atau kamar yang sering terpapu sinar matahari, biasanya jamur akan menjauh

Maya

Jamur indentik dengan kelembapan ya, karena aku perhatikan bagian yang sering terkena cahata matahari tidak cepat ditumbuhi jamur
Jamur tumbuh merusak dinding kelihatan kotor gitu ya mas, terima kasih infonya

Adi Stia utama S

di bikin sup jamur aja mbak maya hehe

Yogi Prasetian

Kan kirain sup “jamur” yg beneran yg mw di sup kang ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Yogi Prasetian

Hahahah, lapar lagi jadi nya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

Adi Stia utama S

Dikamar mandi kost nih sering mang
saya coba deh, banyak banget yg bandel tuh

Kang Nata

klu mengatasi blog yang terkena jamur gmn mas…. jamur beracun lagi. ๐Ÿ™‚

Untuk mengatasi jamur ditembok seprtinya cukup jitu jika menerapkan kata suhu yang punya blog ini. ๐Ÿ™‚

MAS kalau boleh protezzz, tulisannya kecil sekali via dekstop, padahal artikelnya menarik sekali.:)

Yogi Prasetian

Langsung gunakan cat anti bocor aja gan ๐Ÿ˜€
No bocor bocor ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

vika

makasih resepnya dek juni.. nanti coba saya praktekan karena emang di beberapa tmpat suka sering lembab dan berjamur dan itu bikin ga nyaman banget yaa

Ima
Ima

Yeiiiyyy….
Akhirnya bisa berkomentar dengan santai.
Terimakasih, mas.

Heri heryanto

Kalo tembok ku cenderung ngelupas dan perlahan rontok itu keana lembab apa jamur y

Dian Restu Agustina

Oh pakai air dan karbol sebenarnya bisa ya.
Pernah langsung beli cairan penghilang jamur/lumut, memang lebih mahal sih..
Next coba air+karbol dulu ajaaa berarti

Anggun

Klo di budidayakan belum bisa ya juni?
Daripada budidaya tuyul kan ?

Yogi Prasetian

Hahaha, lele kali mbak di budidaya ๐Ÿ˜€

Ella+Fitria

Wah informatif banget nih, caranya juga mudah ternyata ya.. Besok deh ku kasih tau ibukku.. Hhh

Hendra Suhendra

Hmmmm, biasanya kadang cat temboknya ikut terkelupas sewaktu dilap dindingnya, hehehe…

Satria salju

Heemm!! Tips menarik biar lebih bagus lagi tembok yang lembab dan berlumut dicat kembali agar tidak punya kesan kumuh…???

Abd KAdir

ya perlu mencegah dan mengobati ya dek juni

Ahmad Zaelani Siganteng Kalem

Tips yang bagus gan,,, paling kalau sayamah digosok pakai sikat sama larutan deterjen yang khusus ngilangin lumut di tembok…
tapi rumah saya sebenarnya cuma pakai bilik saja, hahah,,,

nur rochma

Saya biasanya panggil tukang kalau ada tembok yang lembab hingga mengelupas. Cuma ya, sekali itu beres, nanti timbul lagi. TFS ya.

Anisa

Lengkap ini caranya. Aku mau praktek buat dinding rumahku lah. Soalnya pas hujan gini suka berjamur, ijo-ijo gitu

yanto cungkup

dinding rumahku juga banyak lumutnya karena kena air hujan nih mas

mau saya coba tips diatas ah,moga berhasil

Ikrom

Iya malesin kalo udah pada jamuran dan lumutan
apalagi pas hujan gini mana lembab ya

Nurul Sufitri

Wah, pas banget nih aku baca artikel ini soalnya mau ada sedikit renovasi rumah. Ada jamur dan lembab gitu di kamar depan trus di garasi juga. Ternyata di atas sambungan antara kamar dan garasi ada pipa saluran air. Pasti deh itu biang keroknya. Makasih ya tips mengatasi tembok lembab dan berjamur ini ๐Ÿ™‚

ibrahim

rinci sekali ya mbak, nanti akan saya terapkan pada dinding rumah saya

Damar Aisyah

Aku juga suka pusing kalau tembpk mulai jamuran. malah kadang lemari juga putih2 gitu karena lembab. Kudu dipraktekin nih tipsnya

wisnutri

kalau dirumah sih alkhamdulilah ngga ada jamur / lumut yang nempel di dinding. tapi kalau di dinding kamar kost, malah ada beberapa spot. bolehlah dicoba buat bersih-bersih nanti

afrizal ramadhan

wah bagus tipsnya.. bayak jamur di rumah di plafon karena bocor, trimakasih sharenya

ia Lathifa

Di sini tembok juga sering brjamur krn posisi rumah kurang kena sinar matahari, terimakasih tipsnya ya

Muyassaroh

Wah, boleh juga dicoba terutama sekarang lagi musim hujan..

Mang Lembu

wah sangat mendetail penjabaran bagaimana cara mengatasi tembok yang berlumut, padahal lumut di tembok rumah saya justru sengaja di pasang, soalnya saya mah suka nanam anggrek yang di tempelin di tembok tuh

Nia Tanaya

yang lembab biasanya rawan jamur nih, musim hujan apalagi.. cape ganti2 cat. thankyu infonya mas juni ๐Ÿ™‚

Intan Rastini

Kalau saya memang tinggal di daerah perbukitan dengan suhu udara dingin, curah hujan cukup sering sehingga kelembabannya tinggi, tembok pun berisiko tinggi berlumut dan berjamur meski sirkulasi udara udah baik dan terkena cahaya matahari yang cukup. Lumutnya bahkan sampai berwarna hijau segar lho di tembok.

Bunda Erysha

Wah ilmunya bermanfaat banget ini. Apalagi di musim hujan kayak sekarang. Makasih

vanisa

dinding rumah yg sebelahan sm tetangga, kebetulan itu bagian kamar mandinya tetangga. Jadi lembab dan berjamur. Susah krn memang tempat air ๐Ÿ˜€