Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan Berjamur

Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan BerjamurMenyingkirkan lumut serta jamur yang menempel pada dinding rumah adalah sama pentingnya dengan mencegahnya supaya tidak tumbuh kembali.

Pada artikel kali ini penulis mencoba menunjukkan pada Anda mengenai  caranya mencegah dan menghilangkan jamur.

Dinding rumah berlumut dan berjamur memang tidak sedap dipandang mata, begitupun dengan baunya yang menyengat. Dan yang paling parah lumut dan jamur bisa merusak dinding. Bisa menjadi aib bagi rumah dan penghuninya untuk tetangga-tetangga disekitarnya. belum lagi sporanya yang apabila terhirup bisa menimbulkan resiko alergi. Bagaimana cara mengatasi tembok lembab dan berjamur?

Jika Anda menemukan jamur didinding, segeralah membersihkannya. Atasi dengan berbagai macam produk pembersih rumah yang penulis yakin produk tersebut mudah untuk di dapatkan. Mengingat jamur pertumbuhannya sangat cepat sekali terlebih di didinding yang tingkat kelembabannya tinggi. Maka akan sangat cepat sekali menyebarnya apabila Anda tidak bergegas membersihkannya.

Selain menghilangkan lumut dan jamur, hal yang perlu Anda perhatikan setelahnya adalah mencegah lumut dan jamur itu agar tidak muncul lagi.

Mengapa lumut dan jamur tumbuh di dinding?

Jamur tumbuh dari spora yang menyebar melalui udara. Jamur umumnya tumbuh pada lingkungan yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, dilingkungan yang lembap, dan hangat. Itu kenapa, kamar mandi kerap ditumbuhi jamur.

Jamur dapat disebabkan oleh rembesan air. Contohnya seperti baik air hujan, bocoran pipa, maupun AC yang tidak terpasang secara benar juga bisa berpotensi menimbulkan tumbuhnya jamur.

Lumut yang menempel dinding biasanya berwarna abu-abu gelap atau bahkan hitam. Tidak selalu tampak hijau segar seperti yang sering kita ditemui di luar rumah. Jika tidak segera ditangani lumut akan cepat menyebar ke area yang lebih luas.

Pertama yang harus Anda lakukan untuk mengenali lumut di tembok Anda adalah, dengan mengusapkan kain yang dibasahi karbol pada bagian dinding yang Anda lihat sebagai lumut. Setelah beberapa menit, Apabila warna gelap tersebut pudar maka warna gelap tersebut adalah lumut. Dan apabila tidak, maka bercak tersebut mungkin hanya kotoran.

Cara “menghilangkan” lumut dan jamur

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan mulai dari mengenakan pakaian lengan panjang, memakai sarung tangan karet, serta masker mulut dan hidung. Dan langsung dimulai dari:

Langkah 1: Membuat larutan dari campuran air dan karbol. Biasanya takaran keduanya 1 : 3. Bagian karbol 1 kemudian bagian air 3. Apabila di rumah Anda tidak memiliki karbol, Anda bisa menyiasatinya dengan deterjen yang mengandung bahan aktif pencerah kain.

Langkah 2: Semprotkan larutan pada area atau dinding yang berjamur.

Langkah 3: Dengan menggunakan sikat yang agak kaku atau kain berserat, gosok bagian yang berjamur.

Langkah 4: Bilas secara tuntas kemudian keringkan.

Apabila langkah-langkah diatas tidak ampuh, maka gunakan produk-produk yang khusus dirancang untuk membasmi lumut dan jamurdi dinding. Produk-produk tersebut mengandung zat-zat yang lebih keras, Sehingga  Anda tidak perlu mencampur satu produk dengan produk lain. Sebab ditakutkan bisa menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya.

Cara “mencegah” lumut dan jamur

Setelah anda berhasil menghilangkan lumut dan jamur dengan cara diatas, tentu saja itu belum selesai. Selanjutnya Anda perlu melakukan langkah pencegahan agar lumut dan jamur tidak muncul kembali. Berikut cara pencegahannya:

Langkah 1: Beliah produk-produk khusus untuk menghambat tumbuhnya lumut dan jamur. Untuk mencegah spora jamur hinggap di dinding yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyemprokan antimikroba. Masukan dari penulis, pertimbangkan untuk mengganti cat dinding anti air dan jamur yang mempunyai keuntungan ganda. Pertama, dengan bahan dasar yang anti air memungkinkan untuk dilap memakai kain basah atau dicuci. Kedua, dengan minimnya air yang merembes ke dinding, maka dinding pun selalu kering sehingga lumut dan jamur susah untuk tumbuh.

Langkah 2: Menggunakan alat dehumidifier agar dapat mengurangi kelembapan udara pada ruangan yang rawan terhadap tumbuhnya lumut dan jamur. Alat ini dapat menjadi langkah untuk pencegahan jangka panjang.

Langkah 3: Pastikan lapisan talang tidak bocor, Jika rusak segera ganti atau perbaiki. Bersihkan kotoran yang ada di talang dan pipa yang menyalurkan air dari talang ke tanah agar tidat menyumbat aliran air. Terutama pada pipa yang berada di dekat atau ditanam di dalam tembok.

Langhak 4: Adanya sirkulasi udara yang lancar dan selalu kering pada dapur, kamar mandi, dan lokasi-lokasi lembap lain.

Langkah 5: Keringkan tirai kamar mandi dan handuk.

Baca juga: Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah

Itulah cara mengatasi tembok lembab dan berjamur yang bisa penulis bagikan. Cukup sekian artikel kali ini dan nantikan artikel menarik di postingan berikutnya. Terima kasih banyak semoga bermanfaat.

85 comments on “Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan Berjamur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *