Cara Menjaga Kebersihan Rumah, Ternyata Lebih Ringan dan Seru!

Cara Menjaga Kebersihan Rumahhujanbulanjuni.net – Apabila Anda ingin rumah terlihat indah dan senantiasa bersih maka Anda dan seluruh keluarga harus bekerja sama dalam menjaga kerapihan beserta kebersihan rumah. Bagi Anda yang sudah mempunyai anak tentu hal ini bukanlah hal yang gampang.

Berbagi Tugas di Dalam Rumah

Pada artikel kali ini penulis akan berbagi tips mengenai cara menjaga kebersihan rumah dengan berbagi tugas ke seluruh keluarga. Bagaimana cara menjaga kebersihan rumah agar seluruh angota keluarga terlibat dan mau berhotong-royong bahu-membahu menjaga kebersihan rumah? Berikut tipsnya:

  • Jadikan kegiatan membersihkan menjadi seru, bukan beban

Apabila suami/istri atau anak-anak merasakan aktivitas membersihkan rumah menjadi sebuah beban, maka anggota keluarga hanya akan mengerjakannya dengan tidak dengan sepenuh hati. Terlebih untuk Anda sebagai orang tua, Anda wajib mengajarkan pada anak-anak mengenai nilai-nilai dalam menjaga kebersihan rumah. Tanamkan pada anak bahwa “kebersihan adalah sebagian dari iman”.

  • Buat jadwal

Agar tugas membersihkan rumah yang dikerjakan seluruh anggota keluarga dapat adil maka Anda harus buat jadwal. Buat jadwal harian dalam menjaga kebersihan rumah. Kemudian bagi tugas-tugasnya secara adil sesuai porsinya pada anak-anak. Apa saja pekerjaan membersihkan rumah  yang bisa di bagikan untuk anak-anak? Pekerjaan yang bisa dibagi seperti: mencuci piring, menyapu, mengepel, membersihkan toilet, dan lain-lain.

  • Atur ‘hari bersih-bersih rumah’Cara Menjaga Kebersihan Rumah

Cara menjaga kebersihan rumah berikutnya adalah Atur satu hari dalam sebulan dimana Anda beserta keluarga secara bersama-sama mebersihkan seluruh isi rumah. Selain rumah nampak bersih, manfaat lain yang bisa di dapatkan adalah menjaga kedekatan dalam sebuah keluarga serta mengajarkan kepada buah hati tentang sebuah arti tanggung jawab.

  • Beri pengertian

Anda harus menyesuaikan dan memastikan semua jadwal yang berhubungan dengan membersihkan rumah tidak menganggu pekerjaan suami/istri Anda atau jadwal sekolah dan waktu belajar anak. Seperti contoh, apabila salah satu anak memiliki PR (pekerjaan rumah) dari sekolah. Maka jangan paksakan anak Anda untuk bersih-bersih rumah. Biarkan anak anda belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya. jadwal membersihkan rumah bisa di ganti ke hari lain bergantian dengan kakak/adiknya.

  • Siapkan ‘hadiah’Cara Menjaga Kebersihan Rumah

Menjaga kebersihan rumah bisa jadi pekerjaan yang melelahkan bagi sebagian anak. Untuk itu anda perlu memberikan sebuah penghargaan atas apa yang sudah mereka kerjakan. Apresiasi secara verbal atau secara action, misalnya seperti: mengajak liburan anak-anak meski tidak jauh dari rumah. Contoh apresiasi lain anda bisa memasak makanan favorit, dll. Dengan memerikan hadiah anak-anak akan cenderung lebih bersemangat dan mengerjakan tugas bersih-bersih rumah dengan suka cita.

Baca juga: Cara Mengatasi Tembok Lembab Dan Berjamur

Itulah tips yang bisa penulis bagikan mengenai cara menjaga kebersihan rumah, cukup mudah dan mengasyikan bukan? Anda bisa menerapkan tips ini di keluarga Anda. Cukup sekian tips dari penulis kali ini, nantikan tips-tips selanjutnya di artikel berikutnya. Sekian, terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

61 comments on “Cara Menjaga Kebersihan Rumah, Ternyata Lebih Ringan dan Seru!

  • pertamax hehe
    membershkan rumah memang sebaiknya dilakukan bersama-sama. Kasian kan istri/ibu kalo ngerjaiin sendiri padahal sudah seharian di dapur

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Ibu the best lah bang ya.. g tegaan liat anakx kecapean.
      makax qt sendiri sebagai anak yg harus sadar dan berempati terhadap ibu. mengingat pekerjaan rumah tangga sangatlah berat.

      itu juga yg nanti kita ajarkan pada anak2 kita kelak.. gtu y bang san?^^

      Reply
  • Biasanya kalau di rumah saya pembagian tugas bersih-bersih dilakukan hanya hari minggu. Karena cuman hari minggulah semua keluarga saya berkumpul.

    Untuk hari lain selain minggu, kadang cuman ibu sendiri yang beres-beres rumah. Kasihan banget ibu saya.

    Ya dulu sepulang sekolah sih bantuin walaupun cuman sedikit. Sekarang saya merantau dan gantian adik-adik saya yang bantuin.

    Cerita dikit min. Heheh

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      peran orang tua khususnya ayah. sang ayah harus pintar ambil hati anak-anak supaya mau diajak bersih sebagai rutinitas harian.

      soalnya ibu g tegaan klo anak2 harus kecapean gara2 bersih.

      hmm… ibu memang the best lah..

      Reply
  • Kalo cara mengatasi malas bersih” gimana itu ya bang, haha
    Apa karna belum ada penyemangat nya ya kaya istri atau pacar gitu wkwk
    Tapi kalo dibikin asik dan seru ya bisa jadi penyemangat juga ya bang,

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      hehe.. makanya harus dibudayakan sejak kecil bang.. kita tanamkan pada anak nilai2 tentang pentingx kebersihan.. orang tua khususnya ayah harus pintar2 mengajak sang anak. kasian kan klo semuanya diurus sang ibu..

      Soalnya kadang ibu g tega liat anak2x bantu bersih..

      Reply
  • Bersih bersih rumah merupakan aktivitas tetap mas, masalahnya satu hari saja gak nyapu ataupun ngepel lantai, rumah rasa rasanya sumpek tidak terlihat frees, dengan beberapa tips diatas tugas membersihkan rumah terasa hal yang menyenangkan

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      betul bang.. klo dibuat seperti yg sudah saya paparkan pada artikel diatas. Kegiatan bersih-bersih saya rasa akan berasa sangat menyenangkan kok. g perlu dijadikan beban.^^

      nyapu.. apa susanya sih kalo hanya nyapu mah.. bentar juga paling kelar.. gtu y bang?^^

      Reply
  • Tapi kalo anak anaknya gmw bersih bersih rumah walau udah dikasih hadiah, gimana tuh?
    Katanya kalo rumah bersih berarti kosong dong, gitu kata anak2nya
    Anak2nya g rela kalo rumahnya kosong

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      hehe. g bisa salahin anak juga klo gtu mah..^^
      sebagai orang tua harus pintar ambil hati anak.
      itu yg harus difikirkan orang tua.

      Bukan hanya bersih2. hal apapun kita sebagai orang tua harus bisa mendisiplinkan anak sejak dini.

      Reply
  • Tergantung orangnya juga sebenarnya…Bukan kapan waktu sempat bersihin tuh Rumah…Yaa!! Kalau males yaa! Males aja..😂😂

    Tapi kata orang yang jorok itu yang paling enak…😱😱😱

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      hehe.. harus dibudayakan bang kalau bisa. soalnya kebersihan menyangkut kesehatan juga. terlebih pada anak kan… yang rawan kena penyakit

      Reply
  • Nah gitu dong. Ibu atau istrinya dibantu beres2nya. Biar capeknya ga terlalu terasa karena bahagia. Efek sehatnya juga dirasakan semua anggota keluarga

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      nah.. keren nih mbak amalia sarah. sudah mempraktekkannya. kalo rumah kita bersih, melakukan aktivitas apapun dirumah jadi nyaman.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      betul bang, memang baiknya buat jadwal harian untuk pekerjaan bersih2 yg tidak membutuhkan tenaga dan waktu banyak, seperti menyapu. mencuci piring, dan pekerjaan ringan yg lain.

      Reply
  • Soal bersih2 ini memang hanya masalah kebiasaan, jika kebiasaan dan pola hidupnya dirubah, maka nanti akan terbiasa untuk tetap selalu menjaga kebersihan rumah setiap saat

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Sikap anak tergantng pada orang tua. orang tua dituntut mengajarkan anaknya tentang kebiasaan yg baik. kalo anak kita memiliki kebiasaan yang baik kita sebagai orang tua tentunya akan bangga.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      hehe.. keren mbak anisa.. lanjutkan..^^
      kalo bisa dibuakan jadwal.. tapi yg ringan2 aja untuk anak mah kerjaannya. biar belajar disiplin..^^

      Reply
      • Iya, aku juga kasih tugasnya yang mudah-mudah kok, biar sambil belajar gitu. Hehe. Palingan bersihin mainannya, lipat baju gitu doang.

  • Tergantung orangnya juga sih…kalau orang yang risih dengan kondisi rumah yang kotor dia pasti akan sigap untuk membersihkan rumah, tapi kalau orangnya “Njludrah” ya biarpun sampah udah berserakan bakal dibiarin saja. Orang-orang yang tidak mencintai kebersihan biasa dia orang yang tidak peduli dengan lingkungan, bahkan tidak peduli pada dirinya sendiri…bener-bener “njludrah”. Salam Olahraga!

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Salam olahraga.. ^^

      Saya rasa semua orang suka “bersih”. Namun melakukan bersih-bersihnya itu yg kebanyakan orang tidak suka alias malas.

      Makanya, minimal harus ada 1 orang yg memotivasi anggota keluarga. baik itu dari istri/suami atau anak-anak. harus ambil sikap kalo urusan kebersihan. soalnya dampaknya dirasakan satu keluarga.

      Reply
  • kalau di rumah cuma saya yang bagian bersih2 rumah, suami kadang2 bantu, kalau anak belum bisa bantu, masih kecil he he he.. tapi dinikmati aja sekalian gerak badan

    Reply
  • Saya masih keteteran nih mas bersih bersih rumah, suka bentrok sama bisnis online, offline dan ngurus anak yang masih kecil kecil jadi sebisanya aja atau pas lagi libur

    Reply
  • Ibu dan Ayah saya sudah mengajarkan kami dari kecil untuk menjaga kebersihan rumah bersama-sama. Ayah saya bahkan mencuci pakaiannya sendiri, beliau juga sering memasak saat Ibu sakit. Ketika kami anak-anaknya sudah besar, gantian deh kami yang masak dan bersih-bersih rumah.

    Reply
    • boleh bang nata..
      untuk menyapu sebisanya tiap hari bang.. hihi, kayakx g butuh waktu lama klo hanya sekedar menyapu.. betul g bang nata?^^
      klo bersiin rumah secara keseluruhan baru deh di agendakan per berapa minggu sekali.

      Reply
  • Tipsnya sederhana dan aplikatif banget. Ilustrasinya juga kece.

    Teritarik banget sama poin hari bersih-bersih rumah. Ini jadi pilihan logis bagi mereka yang punya kesibukan rutin di luar, sehingga hari libur bisa dimanfaatkan untuk bersih2 rumah.

    Reply
  • hadiah,, memberikan apresiasi pada anak agar anak rajin di rumah dan di sekolah, bagus banget tuh kang, biar anak merasa dihargai dan ingin terus menjadi anak yang baik dan membersihkan rumah.. hehe

    Reply
    • iya mbak vika, anak2 juga butuh di apresiasi atas kebaikan2 apa yg dia kerjakan.
      dengan gtu anak2 bisa terus berbuat bakti terus.

      seiring berjalannya waktu biasanya anak tersebut tidak lagi mengharapkan hadiah. karena dia sadar, berbuat bakti merupakan hal yang sangat terpuji.

      Reply
  • Biasanya,anak kecil kalo lihat orang dewasa bersih2 jadi ikutan bersih2 juga, kayak ponakanku 😁

    Tapi ada juga sih anak kecil yang maunya taunya beres aja ….ngga mau belajar ikut beres2 mainannya yang berserakan,ditinggal gitu aja.

    Kalo aku ngadepin kayak gitu, kucontohin sambil kucontohin ngerapiinnya.

    Reply
  • Wah kalau bersih2 rumah ada hadiah sebagai pemancingnya, saya mau kok, bila perlu saya saja yang bersihin rumahnya, tapi kalau hadianya cuma ubi rebusss, malasss ahhhhh…..heheheh…

    Reply
  • Wkwkkw dlu masi inget kang waktu jaman gadis aku selalu bebersih rumah tiap weekend dan tiap hari, kalau tiap haribiasanya nyapu cuci piring, kalau ngepel sih tiap minggu aja, anggota keluarga lain ud pegang yang lain juga. Kadang kasian ya liat orangtua ud sepuh kita nya ga ngerti itu terlalu. Harus inisiatif ya kak biar jd amal ibadah untuk kita

    Reply
    • hehe.. seru juga ya..^^
      Saya pun dulu begitu mbak. sekarang g bisa kaya gtu lg.
      Soalnya saya stay jauh dr rumah karena pekerjaan. jadi y hanya bisa bantu bersih2 pas pulang saja.. 1 minggu sekali. atau bahkan 2 minggu sekali.

      Reply
  • Kalau soal bebersih rumah, paling mudah adalah kita sebagai orangtua memberikan contoh duluan. Ga bisa kalau asal suruh2 anak ini-itu bla-bla-bla. Ga mesti tiap hari sih cukup 2 kali seminggu yang penting rajin jadinya kan ruangan kamar dll nyaman ditinggali.

    Reply
  • Setuju Mba ama tipsnya. Sayangnya anak saya Erysha masih 2 tahun. Jadi sekarang masih saya yang ngerjain sendiri dan ayahnya ngasuh erysha klo hari libur hihihi. Karena punya anak kecil jadi rumah jarang banget rapihnya. Berantakan mulu walauv udah berkali2 dirapihin hahaha

    Reply
    • Hehe.. y kan masih umur 2 tahun mbak. masak iya udah diajarin nyapu n ngepel.. 😀

      Anak segitu mah cukup disuruh ngeliat bundanya aja pas bersih2.. lambat laun dngan semakin menambahnya umur anak entar juga ngikut apa yg di lakukan bundanya.. ^^

      Salam buat erysha ya.. hihi

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *