Cara Usaha Properti Perumahan

Cara Usaha Properti Perumahan

Perencanaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Tetapi dalam bisnis properti, perencanaan yang baik tak akan bisa menghasilkan apa-apa tanpa adanya kemampuan dan kemauan yang keras. Banyak hal yang terjadi di luar kendali dan rencana kita. Disini kekuatan dan naluri entrepreneur sangat diperlukan. Karena bisnis ini selalu berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan situasi, baik internal maupun eksternal.

Strategi Properti

Sebenarnya bisnis developer properti merupakan bisnis seni, masing-masing lokasi perlu cara dan strategi memasarkan yang berbeda-beda. Lokasi yang bersertifikat dan yang belum pun berbeda. Begitu juga bentuk tanah yang berbeda, diperlukan cara memasarkan yang berbeda pula. Oleh karena itu bisnis ini sangat diperlukan perencanaan yang detail, karena akan berdampak pada omset. Kalau bisnis ini bisa di jalnkan dengan baik dan benar, maka keuntungan yang di dapat akan sangat besar.

Misalnya, suatu proyek memiliki omzet Rp 50 milyar, jika kenaikan harga jualnya 10%, keuntungan tambahannya sebesar 5 milyar. Tetapi apabila salah perhitungan kita akan mendapatkan kerugian sebesar 5 milyar pula. Oleh karena itu, bisnis ini perlu proses hati-hati dan kesabaran ekstra.

Seperti kata pepatah, ” Kesuksesan bukan diukur dari kepandaian ataupun kehebatan seseorang, melainkan dari seberapa besar tingkat kesabarannya.”

Cara Menjadi Developer Perumahan

Bisnis Developer properti perumahan penuh dengan tantangan dan cobaan yang berat. Bahkan cobaan tersebut terkadang datang dari orang-orang terdekat kita atau dari mereka yang kita cintai. Oleh karena itu, perhatikanlah langkah-langkah awal berikut sebelum kita memulai membuka lokasi usaha. Adapun langkah-langkah yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Evaluasi Kompetitor

Pertama-tama ketahuilah kekuatan kompetitor atau pesaing kita. Lalu, bertanyalah kepada diri sendiri, bisakah kita menjadi pemenang dalam kontes bisnis tersebut?

Untuk itu kita harus memperhatikan berbagai aspek sebelum bertarung. Mulai dari persaingan harga, kualitas produk, sistem pemasaran, promosi, hingga kinerja personal yang terlibat. Upayakan jangan bertarung pada level yang sama. Carilah pada level yang berbeda atau mencari segmen pasar yang berbeda agar tidak terjadi perebutan pasar.

Kita bisa mengambil segmen yang sama asalkan semua keunggulan ada pada kita. Dan harga tidak boleh lebih tinggi dari harga pesaing.

  1. Pilihan Lokasi

Memilih lokasi adalah keputusan terpenting bagi seorang developer/pengembang. Apalagi kini lahan dinilai sebagai komuditas yang terbatas. Lokasi yang bagus atau strategis dapat menjadi keunggulan kompetitif yang sulit diduplikasi.

Anda mungkin pernah mendengar istilah populer: lokasi, lokasi, dan lokasi! Lantas apakah maknanya?

Pertama, lokasi bagus adalah lokasi yang mudah terlihat kendaraan yang melintas didepannya, kemungkinan berhasilnya akan semakin besar. Ramainya lalu lintas juga merupakan salah satu bentuk iklan yang paling efektif.

Kedua, lokasi bagus adalah lokasi yang banyak peminatnya. Memang tidak semua lokasi memiliki karakter yang sama. Karakter setiap lokasi unik. Satu sama lain berbeda. Lokasi sebuah properti dapat berubah seiring dengan waktu. Seperti perubahan infra struktur dan sarana transportasi publik (stasiun kereta api, terminal bus, dan sebagainya). Hal ini dapat berpengaruh besar bagi properti perumahan.

  1. IMB Perumahan

Sebelum membeli tanah, kita harus memperhatikan hal-hal penting berikut ini:

  • Lokasi diperbolehkan di jadikan kawan perumahan
  • Perizinan bisa mengatasnamakan pribadi atau badan hukum
  • Jarak lokasi tanah dari jalan raya
  • Luas fasilitas umum dan luas hunian
  • Luas kavelingyang boleh dibangun
  • Fasilitas yang harus di penuhi untuk mendirikan perumahan
  • Apa saja ketentuan perizinan di daerah tersebut

Beberapa hal yang telah disebutkan bisa menjadi bahan pertimbangan biaya yang diperlukan serta untuk menganalisis kelayakan proyek atas biaya keseluruhan. Perizinan yang menggunakan badan hukum atau atas nama pribadi dibiayanya berbeda. Kecepatan memulai menjalankannya juga berbeda. Hal itu juga akan berdampak terhadap pengaturan keuangan serta pelaksanaan proyek.

  1. Pengadaan Lokasi Perumahan

Pengadaan lahan merupakan proses awal yang sangat penting, karena tanah adalah komponen terbesar dalam suatu proyek. Kehati-hatian yang berkaitan dengan tanah harus menjadi prioritas utama, baik dalam hal tata cara pembayarannya maupun isi pasal-pasal perjanjian.

Baca Juga: Apa itu Bisnis Properti

Demikian artikel dari hujanbulanjuni.net, semoga banyak manfaat yang didapatkan dari artikel ini.

22 comments on “Cara Usaha Properti Perumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *