Kenali pasar properti Anda sebelum memutuskan berinvestasi

Komisi Agen Properti

Komisi Agen Properti

Berapakah komisi jasa agen properti? Ini merupakan pertanyaan yang kerap kali dilontarkan oleh pemilik yang hendak memasarkan rumahnya melalui jasa agen properti, baik perusahaan atau bahkan individual.

Seperti kita ketahui, Komisi jasa agen properti jumlahnya cukup besar apabila kita berkeinginan meminta bantuan mereka. Namun ada beberapa hal yang perlu kita pahami dan perhatikan supaya kita bisa menghemat pengeluaran ini, antara lain adalah dengan cara mempelajari  kontraknya serta komisi jasa atau fee untuk agen.

Komisi Penjualan Rumah

Dalam penjualan rumah, komisi agen properti bervariasi. Untuk agen tradisional misalnya, ada yang mematok angka 10 Juta Rupiah untuk rumah dengan harga jual sekitar 75 hingga 100 Juta Rupiah. Atau memakai sistem prosentase 5 persen hingga 10 persen. Ada juga yang komisi nya sesuai dengan kesepakatan bersama atau tergantung harga jual rumah tersebut. Apabila ada agen yang tidak mematok harga atau meminta prosentase dari hasil penjualan properti kita. Dapat juga agen tersebut lebih memilih metode titip harga. Pemilik rumah memberikan angka yang diinginkan dan pihak agen akan menaikan harganya. Selisih dari harga tersebutlah yang menjadi fee bagi si agen.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Properti

Lain halnya dengan agen formal atau lebih dikenal sebagai broker, yang umumnya akan mendapatkan fee sekitar 2 – 3,5% dari harga penjualan. Untuk transaksi yang bukan berupa penjualan, yakni sewa menyewa, biasanya yang harus kita keluarkan untuk agen properti bisa mencapai}  5 %.

Untuk mendapatkan agen dengan tarif jasa yang kompetitif, selain agen tradisional dan broker, Anda juga bisa  memakai jasa properti portal online. Tentu saja ini bisa menghemat komisi jasa agen properti secara signifikan {karena Anda sendirilah yang memasarkan properti Anda.

Yang perlu Anda ingat juga ialah untuk rajin bertanya kepada agen jika ada isi kontrak pelayanan yang tidak atau kurang Anda paham. Serta pelajari juga pelayanan apa saja yang akan Anda peroleh dengan jumlah fee yang telah ditentukan. Intinya jangan sampai ada sesuatu yang mengganjal di hati Anda. Dengan mengetahui semuanya secara mendetail tentu nantinya Anda akan tahu apakah ada yang bisa dinegosiasikan.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Properti

Sekiranya semuanya jelas, bernegosiasilah soal fee tersebut. Apakah masih bisa dikurangi dan disesuaikan lagi sebab kebanyakan agen juga umumnya cukup fleksibel dan berupaya mengedepankan kepentingan kliennya. Apabila hal ini tercapai, tentu yang akan diperoleh kedua belah pihak yakni win-win solution.

Namun, apabila kesepakatan masih belum tercapai, ada baiknya Anda mencari perbandingan fee ke agen-agen properti lainnya. Dan jangan lupa untuk kembali mempelajari apa yang akan peroleh dengan jumlah fee yang ditentukan oleh agen tersebut. Dengan metode ini Anda tentu saja akan mendapatkan harga terbaik untuk komisi jasa agen properti Anda.

comments

Leave a Reply

26 Comments on "Komisi Agen Properti"

avatar
  Subscribe  
Notify of
jalan dan makan

memang perlu bijaksana mengeluarkan modal sesuai untuk agen atau untuk iklan dengan hasil atau keuntungan yang akan kita peroleh

Ifrod

akan lebih pas jika menggunakan persentase mas, jadi berapapun harganya akan mengikuti

mbah dinan

iya… kalau ditempat saya dapat persen dari harga jual. tapi kalau kita naikkan juga bisa dapat untuk lainnya. kalau ditempat saya namanya untuk kupatan… artinya untung lebih dari harga jual dan dapat komisi persen juga. makanya bisa mencapai sampai puluhan juta juga mas eka.

Adi stia Utama S

Teman saya ada yang bekerja sbagai agen properti
Dia tidak mematok harga
Tapi sperti yg di atas, dia akan menaikkan harga jual rumah sekitar 5 smpai 7 persen
Metode ini katanya lebih banyak peminatnya..
Saya sendiri belum ada yg mau di jual.. hehe

mbah dinan

itu masih mending mas… saya pernah dengar kawan saya untung sampai puluhan juta… memang kerjanya sih kadang sampai 3 atau 4 bulan baru bisa jual, tapi kalau dilihat sesuai sih mas dengan keuntungan yang didapat. belum lagi bonus kalau dia bisa jual beberapa unit.

Eka Ikhsanudin

Lumayan juga yah itu komisi nya untuk Seorang Agen Properti. Di kampung juga biasanya persentase mas keuntungan dari hasil Penjualan. tapi terkadang berdasar hasil kesepakatan antara si penjual dan agen yang memasarkan. cuma yg suka bikin pakewuh itu kalau sdh muncul calo2 mas hihihi.. jdi kasihan agen yg menjualnya

Muyassaroh

Selama ini belum pernah menggunakan jasa agen properti, tambah ilmu, jadi tahu..

Mamapp

Lumayan juga komisennya

Ucig

Cukup menggiurkan ya kayaknya komisi dari agen properti. Pernah denger cerita driver gocar juga yg jadi agen properti

mbah dinan

ternyata besar ya bang komisinya. pantesan aja banyak yang suka jadi agen properti walau menurut saya itu pekerjaan yang lumayan sulit.
ternyata bisa sampai 10 persen juga ya….???
kayaknya boleh lah nih di coba…

Dany

Tanya yang belum paham, lalu memulai negosiasi dengan agen bila ada kendala bisa dicarikan solusi tapi jika dirasa masih belum sesuai silakan bandingkan biaya dengan agen-agen yang lainnya.

Anisayu

Sepertinya menarik jadi agen properti
Bisa dapat komisi
Sesuai janji
Yang jual maupun pembeli

obat sakit

1,5 persen dari harga jual

pramudya

kalo lewat makelar sih iya segitu 5-10%
tapi lebih simple yah lewat online ya kan lebih simple