Kenali pasar properti Anda sebelum memutuskan berinvestasi

Kredit Rumah Langsung Ke Developer

Kredit Rumah Langsung Ke DeveloperPada dasarnya pembelian rumah maupun apartemen ada tiga jenis  metode pembayaran, yaitu: cash keras, instalment (cash bertahap), atau dengan diangsur. Dan untuk alternatif pembayaran dengan memakai metode angsuran atau kredit, kebanyakan orang biasanya cenderung akan memanfaatkan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dari pihak bank. Namun apabila Anda ingin kredit rumah langsung ke developer pun juga bisa.

Apakah Anda pernah melihat dan memperhatikan iklan properti jual rumah atau apartemen dengan kalimat, “Angsuran 36 kali tanpa DP?”. Nah, biasanya iklan seperti itu akan mengacu pada sebuah proyek pembangunan apartemen atau rumah yang sedang dijual. Dan itu artinya, apartemen atau rumah tersebut dapat di angsur  selama 36 kali dan tanpa DP atau uang muka.

Jadi apabila dalam skema KPR pihak bank yang berperan sebagai pihak ketiga. Maksudnya, bank yang membiayai pembelian apartemen atau rumah Anda dengan menyediakan uang cash atau tunai untuk dibayarkan ke developer. Kemudian Anda mengangsur pembayaran apartemen atau rumah tersebut ke pihak bank beserta dengan bunganya.

Iklan di atas dapat dikatakan sebagai metode lain untuk mengangsur apaertemen atau rumah. Anda langsung kredit in-house, maksudnya Anda bisa mengangsur pembelian rumah langsung ke pihak developer (pengembang). Jadi perjanjian jual beli rumah atau apartemen hanya melibatkan dua pihak, yaitu pihak developer dan Anda sebagai pembeli saja. Bank sama sekali tidak dilibatkan di sini.

Keuntungan kredit rumah langsung ke developer

Berikut rangkuman dari penulis mengenai keuntungan kredit rumah langsung ke developer:

  • Tidak pakai uang muka

Tidak pakai DP atau uang muka. Namun sebagai tanda jadi dan sebagai tanda keseriusan anda membeli rumah atau apartemen biasanya pihak developer atau pengembang meminta booking fee.

  • Tidak ada bunga

Beda dengan KPA atau KPR di mana bank memungut bunga dari kredit yang dicairkan, kredit in-house atau angsuran ke developer bukan produk bank, jadi Anda harus ingat bahwa tidak ada pengenaan bunga di sini.

Developer bukan bank, jadi dilarang memungut bunga

  • Proses lebih cepat

Dengan mengangsur langsung ke developer, artinya hanya melibatkan antara pembeli dan developer saja. sehingga prosedur yang dilewati lebih cepat. Sangat berbeda dengan bank yang memerlukan prosedur panjang sehingga lumayan menguras tenaga dan waktu Anda.

  • Lebih hemat biaya

Apabila Anda mengajukan KPR di bank Anda akan dikenakan tarif provisi, apprasial, biaya survei, dan biaya-biaya lain. Berbeda dengan angsuran langsung ke developer, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

  • Rentang waktu angsuran dapat dinegosiasikan

Anda masih bisa merundingkan masa angsuran agar lebih panjang lagi meskipun pihak developer sudah menentukan lama masa angsuran. Akan tetapi ini tergantung kelihaian Anda dalam bernegosiasi kepada pihak developer.

proses serah terima rumah biasanya dilakukan ketika pembayaran sudah di atas 80 persen dari harga rumah. Namun hal itu juga belum mutlak, semua itu tergantung dengan isi perjanjian antara pihak developer dan pembeli.

Tips aman kredit rumah langsung ke developer

Penulis menyarankan kepada Anda apabila memutuskan memberli rumah tanpa adanya bank sebagai pihak ketiga. Maka anda harus melakukan hal-hal berikut ini:

1. Anda harus mengomunikasikan semua jenis kesepakatan antara developer dengan Anda. khususnya perihal kejelasan serah terima rumah. Bila perlu Anda cantumkan poin tersebut dalam Perjanjian Jual Beli (PJB) yang dilegalkan atau disahkan oleh notaris.

2. Tahap awal pihak developer meminta booking fee kepada Anda sebagai tanda jadi dengan dilengkapi persyaratan administrasi. Namun adakalanya developer mensyaratkan uang muka yang besarannya dapat dirundingkan.

Setelah seluruh persyaratan dari developer terpenuhi, maka berikutnya lakukan Pra Perjanjian Jual Beli (PPJB) yang disahkan oleh notaris. Isinya mengatur perihal:

  • Pembelian rumah dengan metode in-house (angsuran)
  • Besaran uang muka (jika ada)
  • Jumlah cicilan rumah dibayarkan secara bertahap sesuai jadwal yang telah disepakati
  • Cantumkan waktu dan tanggal proses serah terima rumah dan sanksi apabila seandainya masing-masing pihak wanprestasi dari perjanjian yang telah disepakati bersama

3. Ketika proses pembayaran kredit rumah tanpa bank alias kreditrumah langsung ke developer yang sudah disepakati telah Anda selesaikan, karenanya PPJB dapat dinaikkan tingkatannya menjadi Akta Jual Beli (AJB). Ini maksudnya ketika pembayaran angsuran rumah langsung ke developer telah dinyatakan lunas.

4. Pada saat pelunasan angsuran atau pembayaran terakhir, maka pihak developer dan Anda selaku pembeli sama-sama mendatangi notaris untuk mengurus AJB. AJB menjadi dasar peralihan hak tanah dan bangunan dan bukti yang sah antara developer ke pembeli. Dan notaris yang akan mengesahkan AJB.

Sayangnya, skema kredit rumah tanpa bank alias kredit rumah langsung ke developer ini memang jarang ada. Karenanya penawarannya bersifat terbatas dalam jumlah dan waktu dan tertentu saja. Semisal saat promo imlek atau akhir tahun, atau cuma berlaku untuk 15 dari 100 unit yang tersedia.

Baca juga: Perbedaan KPR Konvensional dan KPR Syariah

Itulah tips dari penulis. Bagi Anda yang berniat membeli rumah atau apartemen, kredit rumah tanpa bank alias kredit rumah langsung ke developer ini adalah alternatif menggiurkan sebab prosesnya yang ringkas dan mudah, jangka waktu yang lebih pendek dari KPR dan tanpa bunga pastinya.

comments

Leave a Reply

44 Comments on "Kredit Rumah Langsung Ke Developer"

avatar
  Subscribe  
Notify of
Muhammad Mukhlis

bisa jadi alternatif nih bagi yang mau kredit rumah, tidak ribet ya bang, maksih bang

Abd KAdir

sebenarnya yang seperti inilah yang sesuai dengan syariah

Adi stia Utama S

Bener tuh mang, yang seperti ini memang jauh lebih baik.

planet borneo

setuju mang… dimulai dengan syariah dan berakhir dengan berkah

Mang Lembu

bagus juga kalau tak jadiin referensi saat nya kelak saya mau investasi rumah agar mendingan beli / kredit langsung ke developer ya, bisa lebih murah

Idris

Baru tahu malhan.
Soalnya biasanya pihak devlop maunya via kpr, karena invesatasinya lbh cpt balik

obat sakit

kalau tidak ada bunga ya makin enak mas
seperti pinjam uang ke saudara

Maya

Ternyata terbatas ya untuk mendapatkan keridit rumah dari developer, saya ambil keridit rumah lewat KPR, pernah coba langsung nggak kebagian hehe … bukan rezeki kali ya

planet borneo

kayaknya bagus ke developer juga ya mbak. karena banyak kemudahan yang di dapat.

Ahmad Zaelani

Tapi kalau dipikir – pikir mending langsung ke developernya, untuk menghindari praktik percaloan hahah 😀

Dwi Sugiarto

Lebih untung lagi kalau Ambil Rumah KPR Bersubsidi sayang kalau tidak diambil krn 1 nama 1 Rumah

Adi stia Utama S

saya baru tau kalo bisa langsung ke develover nya
tapi ini bisa jadi referensi

Dody Purwanto

Mudah-mudahan kredit rumah nantinya bisa dipermudah seperti kredit sepeda motor. Sekarang mah kredit rumah masih berbelit dan mahal rata-rata.

Anggun

10 dari 100 dan yg tau orang dari kalangan tertentu. Padahal peminatnya pasti banyak kalau tanpa bunga gitu.
Tapi yaa kalau rezeki ga bakal tertukar ding 😊

Mayuf

Tips yang bagus ini bang, cocok buat yang mau aman kredit rumah

wongcrewchild

menarik neh kredit langsung developer, lebih efesien sepertinya.
yg penting kepastian kepemilikan sah

Ikrom

tanpa bunga dan lebih cepat
menarik untuk dicoba

Djangkaru+Bumi

Booking fee biasanya berkisar 20 juta. Berat rasanya.

Anisayu

Iya langsung lebih mudah
Angsuran murah
Cepat dapat rumah
Rasanya pasti ramah..

triknews

Lebih hemat ya mas,? Kalau kredit rumah tanpa DP tanpa bunga lagi, syaratnya harus langsung ke developer

Ella+Fitria

Iyak aku sering banget liat iklan cicilan 36 kali tanpa DP. Di tempatku masih jarang kredit rumah, karena emang tinggal di pedesaan. Hhh

Nandar

Kalau ada yang lebih mudah seperti ini tentu akan bisa lebih hemat.Tapi meemang terbatas

vika

ih pengen banget kang cicil ke developer tapi yang kadang ditakutkan adalah gimana kang kalau sudah lunas, kadang takutnya developer malah gada kontak sama sekali atau gimana gtu ya kang, jadi kadang mau langsung nyicil ke developer ada sedikti rasa takut.. tapi enaknya emang tanpa uang muka ya kang dan cicilannya ga seberat nyicil kpr ke bank