Macam Tipe Rumah Dan Harganya

Macam Tipe Rumah Dan Harganyahujanbulanjuni.net – Pada saat Anda hendak membeli sebuah rumah ataupun properti lain, terlebih dahulu pasti Anda akan mencari tahu seluk-beluknya bukan? Termasuk jenis tipe rumah dan harganya. Sebab apabila Anda membeli sebuah rumah pasti jenis tipe rumah akan sangat dapat menentukan dan mempengaruhi nilai dari harga jual rumah tersebut.

Akan terlihat sangat lucu, apabila Anda datang ke sebuah kantor agen properti yang Anda sendiri belum tahu betul model rumah seperti apa yang hendak mau Anda beli. Untuk itu sebaiknya Anda memiliki pengetahuan seputar properti. Minimal Anda harus tahu macam atau jenis rumah dan kisaran harganya.

Untuk itu pada artikel kali ini penulis akan membahas mengenai macam tipe rumah dan harganya. Artikel ini dibuat agar Anda memiliki gambaran ketika Anda mendatangi sebuah kantor agen properti. Dan berikut pembahasannya:

Tipe 21

Tipe yang pertama adalah rumah tipe 21. Rumah tipe ini merupakan model tempat tinggal terkecil dan hanya mempunyai luas bangunan 21 meter persegi. Dengan luas bangunan yang tergolong kecil maka rumah ini sudah dapat dipastikan harganya paling terjangkau. Rumah Tipe ini sangat cocok bagi pengantin baru atau pasangan muda yang memiliki dana yang minim. Rumah tipe 21 memiliki dimensi 6 x 3,5 meter, 3 x 7 meter, atau 5,25 x 4 meter.

Macam Tipe Rumah Dan Harganya
Denah rumah tipe 21

Dikarenakan luas yang terbatas, Rumah tipe 21 hanya tersedia 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu dan dapur. Jadi dengan Kapasitas rumah seperti itu maka tipe 21 ini maksimal hanya bisa di tempati 3 bagian keluarga yakni suami istri dan 1 anak yang masih kecil. Jika anak sudah mulai dewasa maka perlu ada penambahan kamar dengan penyesuaian kembali ruangan di dalam rumah. Hal ini akan sulit dilakukan apabila luas tanahnya sempit.

Kisaran harga rumah tipe 21, jika rumah berada di kawasan strategis maka harganya bisa mencapai Rp 300 juta. Namun tersedia juga dengan harga Rp 80 juta. Harga ini didapatkan jika Anda mengambil program rumah subsidi pemerintah.

Tipe 36

Rumah tipe 36 adalah model tempat tinggal yang berdiri diatas lahan dengan luas bangunan 36 meter persegi. Dimensi 9 x 4 meter atau 6 x 6 meter. Rumah tipe 36 ini biasanya dilengkapi dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dan dapur.

Macam Tipe Rumah Dan Harganya
Denah rumah tipe 36

Rumah tipe 36 saat ini menjadi salah satu tipe rumah yang paling banyak dicari oleh masyarakat terutama di kalangan menengah. Alasan dari banyak orang memilih rumah tipe 36 ini karena memang biaya pembuatannya yang tidak terlalu tinggi. Model rumah tipe 36 ini unik dan sangat cocok untuk keluarga yang tidak begitu besar.

Kisaran harga rumah tipe 36, pada saat ini bisa mencapai angka Rp 400 juta apabila banyak faktor pendukungnya, terutama lokasi yang strategis. Harga termurah dari rumah type 36 ini biasanya berkisar di angka Rp 100 juta.

Tipe 45

Rumah Tipe 45 merupakan model tempat tinggal yang mempunyai total luas bangunan kurang lebih 45 meter persegi. Rumah tipe ini berdimensi 8 x 5,6 meter dan 6 x 7,5 meter yang dilengkapi dengan 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, 1 kamar mandi dan dapur dan memiliki taman minimalis di depan dan belakang rumah.

Macam Tipe Rumah Dan Harganya
Denah rumah tipe 45

Pada tipe ini bisa dibilang cukup luas, sehingga banyak peminantnya terlebih untuk mereka yang berkeluarga dan sudah memiliki 1-2 anak.

Kisaran harga rumah tipe 45, yang paling murah berkisar Rp 200 juta. Jika didukung banyak faktor seperti lokasi startegis dan memiliki kualitas yang cukup baik, maka Rumah tipe 45 ini bisa di bandrol di angka Rp 500 juta.

Tipe 54

Rumah tipe 54 merupakan model rumah yang memiliki dimensi 9 x 6 meter atau 13,5 x 4 meter. Tipe rumah ini biasanya di kebanyakan diburu oleh banyak orang dari kalangan menengah sampai atas. Jika dilihat dari luasnya yang begitu memadai sehingga rumah tipe 45 bisa dilengkapi 2-3 kamar tidur, dapur, ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi, serta taman yang cukup lapang.

Macam Tipe Rumah Dan Harganya
Denah rumah tipe 54

Kisaran harga rumah tipe 54, biasanya dengan faktor pendukung misalnya lokasi strategis. Dia area permukiman favorit harga dari rumah tipe 54 ini bisa mencapai Rp 800 juta. Dan apabila di daerah tertentu rumah tipe 54 ini biasanya di bandrol di angka Rp 300 juta.

Tipe 60

Rumah Tipe 60 ini mempunyai luas tanah 60 meter persegi. Dengan dimensi 6 x 12 meter, 8 x 7 meter, atau 6 x 10 meter yang terbagi dalam berbagai bentuk. Untuk ukuran panjang maupun lebar bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing individu.

Macam Tipe Rumah Dan Harganya
Denah rumah tipe 60

Rumah tipe 60 biasanya dilengkapi 3-4 kamar, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi, dapur, taman, serta teras yang cukup lapang. Pada tipe ini sangat memadai jika anda ingin bangun lagi menjadi 2 lantai di satu lahan.

Kisaran harga rumah tipe 60, diiringi kelebihan terhadap tipe ini bisa mencapai harga Rp. 900 juta. Namun di beberapa tempat atau daerah harganya berkisar Rp. 400 juta.

Tipe 70

Rumah tipe 70 merupakan tipe rumah yang paling banyak di buru oleh masyarakat kalangan atas. Rumah tipe ini mempunyai luas 70 meter persegi. Dengan ukuran yang luas maka rumah tipe 70 ini bisa dihuni keluarga beserta orang tuanya.

Kisaran harga rumah tipe 70, untuk yang termurah berkisar di angka Rp 500 jutaan.

Macam Tipe Rumah Dan Harganya
Denah rumah tipe 70

Baca juga: Tips Membeli Rumah di Perumahan

Itulalah beberapa penjelasan mengenai macam tipe rumah dan harganya. Ini bisa Anda buat sebagai referens ketika Anda hendak mencari rumah. Jika ada yang kurang faham tentang penjelasan penulis di atas maka Anda bisa bertanya melalui kolom komentar sudah penulis sediakan di bawah.

Semoga artikel tentang macam tipe rumah dan harganya ini bisa bermanfaat.

38 comments on “Macam Tipe Rumah Dan Harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *