Kenali pasar properti Anda sebelum memutuskan berinvestasi

Membangun Rumah Sederhana Dengan Biaya Murah

Rumah yang nyaman merupakan idaman untuk semua orang. Apapun jenis rumahnya baik rumah sederhana ataupun rumah modern yang membutuhkan banyak uang untuk membuatnya, tetap kenyamanan masih menjadi tolak ukurnya. Tinggal menyesuaikan budget kita saja untuk memilih rumah model seperti apa yang akan kita bangun. 

Membangun Rumah Sederhana Dengan Biaya Murah

Masih berbicara soal kenyamanan, dengan keuangan kita yang mungkin tidak bisa terlalu memilih model-model rumah kelas atas, tapi penulis sangat yakin, tidak hanya rumah mewah dan megah saja untuk mendapatkan kenyamanan. Rumah kita yang sederhanapun bisa kita buat nyaman dengan biaya murah sekalipun, bagaimana caranya?

Tips membangun rumah sederhana dengan biaya murah

Banyak diantara kita yang mengharapkan rumah yang tidak membutuhan banyak biaya dalam pembangunannya. Berkeinginan membangun rumah yang murah namun tidak terkesan murahan sudah pasti banyak dari kita yang menginginkannya. Akan tetapi bisakah hal itu dilaksanakan mengingat biaya bahan bangunan dan tenaga tukang yang saat ini sudah tidak murah lagi.

Berikut rangkuman tips-tips yang bisa penulis bagi mengenai cara membangun rumah sederhana dengan biaya yang lebih murah yang perlu untuk kita ketahui:

  1. Sebelumnya itu kita mesti memastikan mempunyai anggaran biaya yang cukup. Hal ini penting untuk memilah pemilihan bahan bangunan rumah yang akan dipakai.
  2. Membuat konsep ruang simetris agar lebih hemat dalam penempatan pondasi, kolom dan balok struktur. Ini sangat membantu, terlebih apabila kita membangun rumah dengan desain bertingkat.
  3. Jangan terlalu banyak memakai sekat dinding dan lekukan yang tidak perlu. Hal ini untuk menghemat dinding bata atau partisi yang akan digunakan dalam membangun rumah.
  4. Memakai bahan bangunan hias seperlunya saja, sebisa mungkin hindari penggunaan batu alam yang dirasa cukup membuat boros pengeluaran. Kita dapat menambahkan hiasan ini dikemudian hari ketika budget kita sudah mencukupi.
  5. Sebaiknya memakai atap rangka baja ringan dibanding kayu. dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki atap rangka baja ringan, penulis melihat bahwa aspek-aspek tertentu dari rangka atap baja ringan berada dalam kisaran yang mungkin diharapkan dalam hal biaya jauh lebih efektif dibanding dengan kayu. Dari segi keuntungan struktural, dengan baja ringan proses lebih cepat ini juga memicu biaya kompetitif dengan kayu. Sedengkan atap pelana harganya lebih murah ketimbang atap perisai. Alternatif lain, dapat dipikirkan dalam pemakaian rangka baja canal C saja dengan penutup atap Asbes non asbestos, galvalum atau atap bahan PVC yang tidak terlalu berisik, yang tentu saja harga lebih murah dibandingkan dengan pemakaian atap rangka baja ringan dengan genteng.
  6. Memakai cat dan kombinasi warna sehingga cukup menarik dan lebih terkesan tidak murahan. Cat untuk exterior sebaiknya konsisten dipakai, sebab bisa menjamin keawetan warna pada dinding luar. Untuk dinding dalam, cukup dengan memakai cat interior jenis standart.
  7. Dalam pemilihan keramik, cukup menggunakan keramik umum dengan ukuran 30×30 atau 40×40 jika seandainya budget untuk membangun rumah juga mencukupi. Dan Selain itu gunakanlah pemilihan warna yang cocok dan sesuai kemudian padu-padukan dengan warna dinding.
  8. Untuk kusen pintu dan jendela pakailah kusen jenis alumunium. Hal ini disebabkanbiaya biayanya hampir sama atau bahkan relatif lebih murah dibanding dengan kusen kayu bengkirai atau kamper. Jangan membangun rumah memakai kusen kayu yang biasa, sebab kusen kayu biasa kelas III, tidak terlalu tahan lama, apalagi jika rumah tinggal berada dikawasan yang anti rayap.

Itulah beberapa tips dari hujanbulanjuni.net mengenai membangun rumah sederhana dengan biaya murah Jika ada tips lain dari teman-teman bisa menambahkan di kolom komentar. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk banyak orang.

comments

Leave a Reply

41 Comments on "Membangun Rumah Sederhana Dengan Biaya Murah"

avatar
  Subscribe  
Notify of
Maman Achman

Dalam merencanakan membangun rumah tentu bukan hal yang mudah ya mang, ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Persiapan yang matang dalam rencana membangun rumah sebaiknya kita serahkan pada ahlinya, dengan begitu kita akan terhindar dari kerugian yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Eka Ikhsanudin

Dulu sya waktu membangun rumah yg penting jadi dan bisa ditempati dulu mas hehe. yg penting pondasi sama tembok dan atap sdh berdiri dan sdh di kasih genteng walau blm di teplok temboknya juga dan di blm di keramik lantainya. Bahan Rangka baja lebih urah gitu mas dari pda Kayu yah, koq saya malah baru tau yah, saya kira mahal kalau pake rangka baja…

jalan dan makan

saya mesti save nih bang saya punya tanah yang rencana akan saya bangun tahun depan saya yakin tips diatas sangat berguna untuk menghemat anggaran terimakasih

DWISU WEB ID

Kusen dan atap yang bukan kayu lumayan menghemat anggaran dibandingakn dengan berbahan kayu.Model Minimalis bisa juga menghemat anggaran

Adi Stia Utama S
Adi Stia Utama S

Membangun sebuah rumah memang harus punya perencanaan yang matang agar tidak berhenti di tengah jalan karena terhambatnya budget atau maslah lain.
Membangun rumah juga sesuaikan dengan kebutuhan kita

jalan dan makan

membangun rumah tangga juga bang

Adi Stia Utama S

Mungkin dengan membangun rumah yg minimalis.

Nia Tanaya

semoga masih bisa bangun rumah seirit mungkin sperti tipsnya mas juni, beberapa tahun lagi harga bahan bangunan melonjak tinggi .. jdi agak susah juga ya

Anggun

Liburan dulu juni,bangun rumah iritnya dilanjutin besok ?

yanto cungkup

rumah merupakan salah satu kebutuhan primer dalam hidup,karena itu perlu pemkiran yg matang termasuk menerapkan tips diatas agar segera memiliki rumah ya mas

alhamdulillah saya sudah memiliki rumah sendiri sejak pernikahan menginjak 1 tahun

obat sakit

jumlah anggaran yang ada sangat penting

Mang Yono

Tips beginian nih yang harus dipraktekan… supaya irit hehehe

san

tips yang sangat bermanfaat nih buat mereka yang mau bangun rumah…

Hana

Thanks for sharing! nice entry ^^

obat sakit

selamat tahun baru 2018

Fajrin Ilham

punya rencana ingin rumah yang minimalis hehe

Bara Anggara

kalau duit masih ngepas,, yg bersifat hiasan seperti batu alam mending belakangan aja ya ,, sip sip

-Traveler Paruh Waktu

Lena Viyantimala

Nice info nih. Bicara tentang rumah…

Pengen banget punya rumah dari kayu, bentuk tradisional semacam joglo atau rumah panggung etnik. Tapi kok mahal dan butuh tanah yang luas pula, wkwk! Ya sudah, simpan dulu mimpinya ;p

Akhirnya ya cuman bisa beli di perumahan, sambil modifikasi dikit-dikit saat ada tabungan 🙂

Diana

Anggaran biayanya belum cukup xD Semoga cepat terealisasikan punya rumah sendiri setalah baca tips ini ^^

M. Rifan Fajrin

teman saya sekantor, dia dari jurusan olahraga. tapi pandai betul merancang sebuah rumah. termasuk memilih bahan-bahan bangunan dengan biaya yang relatif lebih irit.
saya jadi berpikir, mungkin ini adalah bakat. Jadi, kalau saya sendiri, lebih baik menyerahkan urusan seperti ini kepada ahlinya. 😀

btw, terima kash informasinya.