Rumah Tetap Adem Meski Rumah Menghadap Barat

Memiliki rumah menghadap barat bagi sebagian orang mungkin dianggap sebagai hal yang buruk. Sebab, sorotan cahaya atau sinar matahari akan diterima lebih banyak untuk rumah menghadap barat. Oleh sebab itu suhu di dalam rumah menjadi terasa lebih panas.

Rumah Menghadap Barat

Artikel sebelumnya yang pernah penulis share tentang kelebihan dan kekurangan rumah menghadap utara. Maka pada kesempatan kali ini akan penulis bagikan lagi dengan topik yang hampir sama yaitu berupa arah hadap sebuah rumah. berbeda dengan artikel sebelumnya yang mengupas tuntas rumah menghadap utara. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara agar rumah tetap adem meski rumah menghadap barat, yang tentunya semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

Diungkapkan oleh kebanyakan arsitek yakni mengenai rumah yang menghadap ke arah utara-selatan merupakan orientasi terbaik.

Namun, yang menjadi persoalan adalah tidak sedikit hal yang membuat banyak orang tidak bisa mempunyai rumah menghadap ke arah yang ideal. Misalnya saja, apabila Anda membeli rumah di kota besar atau membeli rumah dari suatu pengembang. Peluang untuk memperoleh rumah dengan lokasi dan arah hadap ideal merupakan hal yang sulit untuk diperoleh.

Bahkan seandainya masih ada pun, lokasi dan arah hadap yang ideal tersebut pastinya memiliki nilai harga jual yang lebih tinggi.

Tips untuk mensiasati rumah menghadap barat

Anda tidak perlu pesimis apabila rumah yang Anda tinggali menghadap barat. Pasalnya, pada postingan kali ini penulis akan memberikan beberapa tips berupa cara untuk mensiasati rumah menghadap barat agar rumah tetap adem dan memberikan rasa nyaman bagi penghuninya. Bagaimana caranya? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

  • Merubah fungsi ruang

Pada saat membangun rumah anda bisa memainkan layout denah rumah.  Akan tetapi, apabila Anda membeli rumah yang sudah jadi, Anda dapat mensiasatinya dengan mengatur fungsi ruang yang ada.

Untuk ruangan area barat rumah sebaiknya dipakai untuk ruang yang bersifat tidak digunakan dalam waktu lama. Misalnya: ruang baca, ruang tamu, gudang, atau dapur. Sebaliknya untuk ruang yang tidak boleh berada di barat adalah seperti ruang keluarga dan kamar tidur.

  • Memperpanjang teritisan

Jika rumah menghadap barat, Anda tidak perlu melakukan renovasi besar seperti membongkar ruang atau merubah layout. Disini penulis merekomendasikan untuk Anda agar terlebih dahalu melakukan renovasi kecil seperti memperpanjang teritisan pada fasad rumah.

Pada perumahan biasanya memiliki standar teritisan sekitar 60 cm dari dinding. Teritisan ini bisa diperpanjang sampai dengan 1,2 m – 1,5 m.

Apabila dirasa aneh terhadap panjangnya teritisan pada genteng maka Anda dapat menambah teritisan dengan model pelat beton yang ditempelkan di dinding fasad. Anda juga bisa menambahkan kerai di bagian luar jikalau sekiranya pelat beton masih dirasa belum cukup.

Pada saat ini ada banyak sekali pilihan material kerai, baik dari bamboo, kayu, ataupun alumunium. Seandainya hal ini masih juga belum cukup dalam menahan panas maka Anda dapat mengganti material kaca jendela fasad rumah, dari kaca biasa menjadi kaca tempered yang anti-UV.

  • Menanam pohon

Rumah menghadap barat biasanya sangat silau pada jam 14.30-16.30. Cara yang paling sederhana dan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menananm pohon depan rumah Anda. Gunanya untuk mengurangi atau menghalau pancaran sinar matahari yang masuk rumah.

Apabila rumah Anda kecil atau lahannya terbatas maka anda bisa menggunaka pohon meninggi yang tajuk rantingnya tidak melebar sehingga tidak terlau memakan space halaman rumah Anda. Contohnya pohon palem, pohon pucuk merah yang mudah dibentuk, dll.

Selain fungsinya untuk menghalau sinar matahari yang masuk pohon juga berfungsi sebagai penyedia oksigen, penyerap polusi, hingga buffer atau mengurangi suara dari luar.

  • Tanaman rambat

Tips rumah menghadap barat selanjutnya adalah dengan menggunakan tanaman rambat. Tanaman rambat ditanam dari bawah ke atas atau dirambatkan dari atas ke bawah. Selain berfungsi untuk menghalau cahaya atau sinar matahari yang masuk tanaman rambat  juga bisa memperindah fasad rumah Anda. Oleh sebab itu Anda perlu memperhatikan estetikanya dengan mengatur sudut-sudut rambatan.

  • Menambahkan kisi-kisi dan secondary skin

Cara lain yang bisa Anda lakukan apabila rumah menghadap barat adalah  dengan membuat sebuah kisi-kisi sebagai celah udara yang dapat membuat ruang dalam rumah Anda lebih adem meskipun cahaya matahari yang masuk sangat banyak.

Anda juga biasa mengbuat semacam secondery skin pada dinding rumah terluar dari fasad. Dengan demikian sinar matahari yang masuk akan tersaring terlebih dahulu oleh secondary skin tersebut. Jika masih bingung apa itu secondary skin bisa klik DISINI

  • Overstek dan kanopi

Anda bisa mensiasati dengan membuat sunscreen vertikal atau horizontal atau semacam bidang transparan  untuk mengurangi cahaya atau sinar matahari yang masuk. Bagi rumah Anda yang bergaya tropis dapat dibuat overstek yang lebar. Sementara untuk rumah Anda yang bergaya minimalis dapat menggunakan kanopi di atas jendela rumah Anda.

  • Mengoptimalkan teras rumah

Untuk rumah menghadap barat, Anda bisa mengoptimalkan fungsi teras untuk mengurangi banyaknya sorotan sinar matahari yang terlalu kuat. Bagaimana cara mengoptimalkannya? Gunakan banyak tanaman di teras rumah, dengan begitu sinar matahari yang masuk terlebih dahulu akan diolah oleh tanaman ini sehingga yang masuk kedalam rumah akan menjadi lebih segar.

  • Mengganti Warna Cat

Pengaruh sebuah warna terletak pada daya serap dan daya pantulnya terhadap panas. Warna-warna yang cenderung bisa menyerap  panas di antaranya yaitu hitam, coklat, dan abu-abu. Sedangkan  warna putih dan warna-warna terang akan memantulkan panas. Bagi rumah menghadap barat tips ini cukup ampuh.

Ketika panasnya sinar matahari menerpa rumah pada siang hari sampe sore hari, yaitu sekitar pukul 14.00 – 16.00, panasnya akan terasa. Anda dapat memegang dinding dari dalam rumah. Apabila warna cat rumah Anda berwarna gelap, maka dinding akan terasa lebih hangat.

Perlu Anda ketahui bahwa panas dinding ini tidak langsung bisa hilang setelah matahari tenggelam. Dinding tersebut akan menyimpan panas hingga 6 – 8 jam ke depan. Oleh sebab itu, rumah Anda akan terasa panas walaupun sudah malam.

Untuk mengatasi hal semacam itu maka penulis sarankan bagi anda yang saat ini menggunakan cat berwarna gelap untuk di ganti ke cat yang berwarna terang.

 

Demikian tips agar rumah tetap adem meski rumah menghadap barat, yang bisa penulis bagikan pada artikel kali ini. Jika Anda memiliki tips lain yang tidak penulis sebutkan pada artikel diatas maka Anda bisa menambahkannya di kolom komentar.

Sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya. Jika dirasa bermanfaat, subscribe blog ini di kolom subscribe yang sudah penulis sediakan di bagian bawah blog. Terima kasih banyak!

51 comments on “Rumah Tetap Adem Meski Rumah Menghadap Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *