Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Menghadap Utara

hujanbulanjuni.net – Menentukan sebuah rumah sebagai hunian tempat tinggal bisa Anda lakukan dengan cara membangun rumah sendiri atau membeli hunian rumah yang yang sudah jadi. Selain itu sebelum anda memutuskan cara mana yang anda pilih ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal, yakni mulai dari kualitas bangunan, kejelasan sertifikat rumah dan tak kalah penting letak arah rumah juga perlu anda perhatikan.

Rumah Menghadap Utara

Memang terlihat sepele, akan tetapi pada kenyataannya arah rumah mempunyai pengaruh cukup besar pada sebuah bangunan. Terutama untuk tingkat kenyamanan tempat tinggal dan berkaitan dengan arah matahari. Jika rumah kita menghadap arah yang tepat, pasti akan membuat kita semakin nyaman.

Berdasarkan sebuah sumber resmi dari pemerintah Indonesia, bahwa semakin tepat arah sebuah rumah maka akan kian banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Arah matahari terbagi atas empat arah utama, yakni timur, barat utara, dan selatan. Pada potingan kali ini penulis akan membagi informasi mengenai kelebihan dan kurangan rumah menghadap utara.

Arah Utara dalam Rumah

Utara merupakan sebuah arah mata angin dalam kompas. Dalam budaya barat arah utara dianggap sebagai arah utama. Arah utara dipakai untuk menjelaskan arah-arah lainnya, itu kenapa tanda panah dalam peta selalu menggunakan arah utara.

Dalam bahasa sanskerta utara adalah uttara, yang aslinya berasal dari India kemudian diadopsi oleh bahasa Melayu, menggantikan kata laut yang sebelumnya mempunyai arti sama dengan utara. Utara juga dikenal sebagai lawan dari mata angin selatan.

Kelebihan Rumah menghadap Utara

Rumah yang menghadap utara mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut ini penulis akan menjelaskan mengenai kelebihan-kelebihannya terlebih dahulu:

  • Rumah menghadap utara banyak diminati oleh masyarakat sebab rumah yang menghadap utara bisa dibilang menyehatkan. Hal ini dikarenakan matahari pagi menghadap teras rumah. Dengan anda mendesain dengan tepat maka cahaya yang masuk rumah bisa di atur agar tidak berlebihan. Semisal dengan menambahkan tanaman rambat atau kanopi agar teri matahari yang menyengat tidak masuk secara langsung.
  • Mendapatkan cukup cahaya sinar matahari. Rumah menghadap utara dianggap paling bagus sebab menerima sinar matahari sepanjang hari. Terlebih pada musim hujan, saat matahari berada di titik terendah. Anda juga perlu meperhatikan arah angin supaya angin yang masuk tidak berlebihan.   
  • Tidak perlu cemas dengan silau. Rumah yang menghadap utara memiliki keuntungan lain. Anda bisa membuka pintu dan jendela secara optimal tanpa perlu cemas dengan kesilau-annya.  Begitupun dengan sirkulasi udara yang mudah berganti. Dengan demikian kegiatan dan aktivitas dirumah bisa berlangsung dengan nyaman.
  • Tidak memerlukan perlakuan khusus. Salah satu kelebihan rumah yang menghadap utara yakni matahari menjadi sahabat. Dengan demikian anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk mendekorasi fasad anda

Berdasarkan ilmu Fengshui,  hunian rumah menghadap utara akan berdampak terhadap bisnis, karir dan sebagainya. Dengan Anda membangun rumah menghadap arah utara akan memunculkan keseimbangan hidup khususnya dalam hal karir dan bisnis.

Menurut ilmu Fengshui, rumah yang menghadap arah utara itu menantang gunung yang memiliki arti kemujuran. Jadi dalam hal anda nantinya akan menerima kemujuran.

Itulah kelebihan-kelebihan rumah yang menghadap utara yang penulis paparkan secara detail.

Kekurangan Rumah menghadap Utara

Ada kelebihan pasti juga ada kekurangan. Apa saja kekurangannya? Bagaimana cara menyiasatinya? Berikut pembahasan dan penjelasannya:

  • Terlalu teduh. Rumah menghadap Utara dari sisi positif, sisi rumah menjadi teduh atau adem. Namun sisi negatifnya Anda tidak dapat menjemur cucian pakaian anda di belakang rumah saking teduhnya. Namun jangan cemas, yang bisa anda lakukan adalah dengan menyiasati tempat jemuran berada di sisi barat atau sisi timur sebab paparan sinar matahari di sisi itu cukup tinggi.
  • Desain yang salah menyebabkan sinar matahari masuk secara berlebihan. Kesalahan mendesain rumah sangat berpengaruh terhadap kenyamanan. Contohnya saja seperti kesalahan pemasangan kanopi yang mengakibatkan sinar matahari yang masuk terlalu berlebihan. Apabila hal semacam itu terlanjut terjadi anda dapat mengakalinya dengan ketepatan dalam memilih cat dinding. Dengan memilih warna terang seperti putih, krem, kuning, dan sebagainya yang bisa menyerap panas.
  • Memperhatikan ventilasi.  lintasan sinar matahari yaitu timur dan barat, oleh sebab itu sisi utara dan selatan tidak terlalu banyak menerima sinar matahari. Dengan hal ini Anda mesti memperhatikan penempatan dari jendela dan ventilasi anda agar komponen atau bagian dalam rumah memperoleh paparan sinar matahari. Mengingat ventilasi rumah memiliki fungsi yang begitu penting terhadap kesehatan penghuni rumahnya.
  • Tidak memperoleh cahaya sinar matahari pada pagi hari.  Hunian rumah yang menghadap ke arah utara tidak mendapatkan sinar matahari sebab sisi samping bangunan adalah timur dan barat. Oleh karena itu tidak semuanya bagian dari rumah akan menerima sinar matahari pagi. Namu anda bisa menyiasatinya dengan cara meletakkan ruang-ruang utama seperti ruang keluarga atau kamar tidur di area timur agar tetap mendapatkan sinar matahari di pagi hari.

Baca juga: Rumah Tetap Adem Meski Rumah Menghadap Barat

Demikian penjelasan dari penulis kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan rumah menghadap utara. Semoga yang penulis sampaikan ini bisa di pahami oleh pembaca. Apabila ada yang kurang dimengerti Anda bisa menanyakannya di kolom pertanyaan atau kontak saya sudah penulis sediakan.

Sekian, Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat!

40 comments on “Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Menghadap Utara

  • Wow, perlu diperhatikan juga ya, Mas. Kalau mau membuat suatu rumah atau beli. Yang jelas kalau udah punya rumah isi dengan hal-hal yang positif, misalnya mengaji biar adem..

    Impianku pengen punya rumah sendiri juga, semoga kesampaian..aamiin..

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      bener bang. yang penting kegiatan di dalam rumah berisi hal-hal yang positif.. hati adem, pikiran adem, dan akhirnya berdampak pada kenyamanan penghuninya.

      Reply
    • kadang kalau udah ngebet beli rumah hal ini sering kelewat nug… makanya giliran ditinggalin sekitar setengah tahun baru berasa bosan, karena gak memperhatikan banyak sebelum memilikinya. beli rumah kalau menurut saya juga kurang lebih mau melamar gadis, banyak yang perlu di lihat dan dipikir, jangan asal main hajar kalau gak mau menyesal kemudian.

      Reply
      • hujanbulanjuni.net says:

        hehe.. kalo memang untuk di tinggali dalam waktu yg lama ya hal semacam ini baiknya di perhatikan, sepele kelihatannya. tapi yg namanya kenyamanan kan ya kita sendiri yg nantinya yg merasakan. gtu y bang?^^

        kecuali punya banyak duit atau hanya sekedar investasi, bosen tinggal jual saat harga udah naik.. itu sih kelebihannya klo investasi properti.

  • biasanya kan orang lebih suka rumah menghadap timur, katanya bisa kena matahari pagi dari depan dan masalah kepercayaan sebian orang juga kalau rumah menghadap timur itu bawa rejeki atau hoki. tapi setelah baca tulisan ini saya jadi sadar, kalau rumah menghadap utara itu ternyata lebih banyak menerima sinar matahari, otomatis kan bisa terang secara alami yang bisa mendukung aktifitas keseharian dirumah. jadi bisa hemat listrik disiang hari. tapi bermasalah pada sinar matahari pagi aja ya mas… mungkin ini bisa di siasati dengan desainnya kali ya….

    bisa referensi jadi pemikiran kalau bangun rumah nantinya. oh ya, posisi tidur juga kalau pas menghadap kiblat bisa baring kekanan rumah ya mas? benar begitu atau gimana mas?

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Semua arah ada kelebihan dan kekurangannya kok bang. hanya saja memang karena keterbatasan waktu jadi saya bahasnya satu-persatu.

      Untuk tidur tergantung posisi ranjang sih bang. klo tidur kepalanya di utara miring kanan ya tentu hadapnya ke kanan rumah kita.

      Reply
  • Astaga,, ternyata perlu diperhatikan juga ya hadap rumah,, rumah dikampung klo gak salah hadap utara,, nah tapi yang seberang kebalikannya karena kan cuma dipisahin jalan

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Diperhatikan karena segi manfaatnya bang idris.
      orang modern memang mulai berfikir dan menggabungkan antara bentuk dan fungsi, seni dan iptek untuk dituangkan dalam seni arsitektur mereka.

      Reply
  • Ini sama dengan rumah yang menghadap selatan ya?
    Kalau saya mah tergantung jalannya, dan biasanya saya menghadap ke jalan.
    Dan untungnya rumah saya menghadap utara.
    Dan rumah saya terlalu teduh dan bisa dikatakan terlalu gelap. kurang sinar matahari.

    Reply
    • betul bang, Terlalu teduh. Rumah yang menghadap Utara. dari sisi positif, sisi rumah menjadi teduh atau adem. Namun sisi negatifnya tidak dapat menjemur cucian pakaian di belakang rumah saking teduhnya. yg perlu dilakukan adalah dengan menyiasati tempat jemuran berada di sisi barat atau sisi timur sebab paparan sinar matahari di sisi itu cukup tinggi.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      yang jelas kemana menghadapnya yang penting membuat kita nyaman untuk tinggal di dalamnya, itu sih ima.. hal2 seperti ini cukup buat referensi saja. masalah kenyamanan kita sendiri yg menciptakan.

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Mantap bang, saya doakan adem ayem ya.. seluruh keluarga diberi kenyamanan, dijauhkan dari masalah2 dan dimudahkan rizkinya.. amiinn.. salam buat keluarga bang yudi..^^

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      iya bang, itu bagi yang udah terlanjur beli tanah n siap untuk di bangun rumah. mau tidak mau ya harus mengikuti alur yg sudah ada..hehe^^

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      kemanapun menghadapnya, jika dalamnya diisi dengan kegiatan positif pastilah membawa keberkahan tersendiri untuk penghuninya, bener gtu ya? ^^

      Reply
  • iyalah kedudukan rumah juga sangat penting sebenarnya untuk mengaliran udara yang baik dan pencahayaan gituu. kalau ikut fung shui ianya akan mempengaruhu kehidupan tuan rumah dan keluarga.

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      semakin nyama rumah. maka semakin betah penghuninya untuk dirumah.. uang jajan berkurang jadinya soalnya jarang keluar.. haha

      Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      Menghadap kemana aja positif kok Vika^^
      semoga kita semua diberi kesehatan dan kebahagiaan y agar bisa berkumpul dirumah tercinta bersama keluarga dengan keadaan suka cita..amiin..

      Reply
  • Dulu rumah saya menghadap ke Barat yang kerasa ya panas sore pada bagian ruang tamu
    kalau rumah ortu menghadap ke selatan eh panas banget di bagian kamar
    nah sekarang yang saya tempati menghadap utara rasanya sejuk auraya nyaman mungkin karena daerahnya atau hal lain nggak begitu paham juga sih

    Reply
    • hujanbulanjuni.net says:

      selain arah, daerah juga sangat mempengaruhi kok mbk maya, klo di tempatq yg di kota gresik.. hadap kemana aja mah panas…haha..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *